Viewed 99 Times

Wujudkan Toleransi, Warga Tionghoa Buka Puasa Bersama Umat Muslim

0

MEDIA MALANG – Warga Tionghoa di Malang, ikut berpartisipasi selama Ramadhan 2018 menyediakan buka puasa untuk umat Muslim. Kegiatan ini sebagai bentuk toleransi antaragama, demi mencipakan kerukunan umat beragama.

Rohaniawan Vihara, Winantea Listihadi mengemukakan, menyediakan buka bersama ini sudah jadi tradisi yang dilakukan oleh Paguyuban Metta Malang. Di paguyuban ini, anggotanya bukan hanya warga Tionghoa, tapi juga ada umat Kristen, bahkan Muslim, semua bersama dalam paguyuban.

“Ini sudah dilakukan setiap kali puasa. Hingga kini, ada 20 kali,” katanya pada wartawan, Senin (21/5).

Ia menambahkan, awal kegiatan ini terbentuk pasca-Indonesia didera krisis pada 1998. Waktu itu harga beras naik, sehingga ia dengan teman-temanya mempunyai pikiran untuk bersedekah pada duafa.

Kegiatan itu diwujudkan dengan menyajikan menu buka puasa untuk warga Muslim. Lokasinya di Vihara Bodhimandala lawang, Kabupaten Malang. Menunya juga beragam, salah satunya soto. Setiap warga yang datang, diberi makanan gratis tanpa diminta membayar.

Menyajikan menu buka puasa untuk warga Muslim ini disambut baik oleh warga. Setiap kali menjelang waktu buka puasa, mereka selalu antre untuk mendapatkan satu porsi menu buka puasa.

Jumlah porsi yang disajikan setiap hari lebih dari 100 porsi dan selalu ludes diserbu warga duafa. Selain mendapatkan makan, juga ada minuman serta buah untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Warga yang datang juga dari berbagai daerah. Kendati terjadi aksi teror di Surabaya dan penangkapan beberapa orang yang diduga terlibat, tidak memengaruhi aktivitas penyajian menu buka puasa bersama.

Sriati, salah seorang warga senang bisa ikut buka puasa bersama, terlebih lagi gratis. Menu yang disajikan juga enak bisa menghilangkan lapar setelah seharian berpuasa.

“Saya bersyukur bisa menikmati sajian makanan gratis yang disediakan ini. Saya juga sengaja datang bersama teman,” kata Sriati.

Rencananya, buka bersama ini akan digelar setiap hari selama Ramadhan 2018, hingga H-1 Lebaran 2018. Menu yang disajikan juga beragam, dengan jumlah porsi hampir sama. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.