Viewed 268 Times

Warga Miskin di Kota Batu Didata Ulang

922

MEDIA MALANG– Badan Pusat Stastistik (BPS) mendata ulang jumlah warga miskin di Kota Batu. Sebelumnya,  pada Tahun 2014 jumlah warga miskin berkurang dibandingkan Tahun 2013 yakni sebesar 12,28 persen atau sebanyak 1.065 orang.

“Kami tengah melakukan pemutakhiran basis data terpadu warga miskin untuk tahun ini, ” kata Kepala BPS Kota Batu Sri Kadarwati saat bersama Media Malang, sore tadi. Dia mengaku, pemutakhiran ini dimaksudkan untuk menyempurnakan informasi data rumah tangga dan data individu. Selain itu, lanjut dia, pemutakhiran juga sebagai sarana memuat informasi sosial dan ekonomi rumah tangga dengan tingkat kesejahteraan terendah.

“Ini juga sebagai acuan program penanggulangan kemiskinan serta sasaran program sosial oleh pemerintah,” aku dia. Ditambahkan,  dalam pemutakhiran ini dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya , menggelar forum konsultasi publik yang melibatkan masyarakat serta pemerintah desa.

“Untuk pemutakhiran data rumah tangga, kami menerjunkan petugas lokal dan terlatih. Mereka menghimpun informasi kondisi sosial ekonomi, kepemilikkan asset serta program-program yang diikuti,” imbuhnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar memberikan informasi yang sebenar-benarnya. Jika tidak pemberi informasi dianggap telah melawan hukum. “Jika memberikan keterangan palsu ada jeratan sanksi, sesuai Pasal 242 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Wakil Walikota Batu Punjul Santoso menerangkan, bahwa jumlah warga miskin di Kota Batu terus mengalami penurunan. Dibuktikan dengan jumlah warga miskin Tahun 2014 berkurang sebanyak 1.065 orang.

“Perkembangan di Kota Batu sangat berdampak pada turunnya jumlah warga miskin dari tahun ke tahun,” jelas Punjul disela sosialisasi pemutakhiran data warga miskin di Gedung Binapraja Balaikota Batu bersama BPS sore tadi. Dalam sosialisasi itu juga ditandai dengan penandatangan kontrak kerja fasilitator Forum Konsultasi Publik dibawah komando Kepala Badan Pusat Statistik Kota Batu.

 

Penulis  : Sulis Pratama

Editor    : Puspito Hadi

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.