Viewed 7 Times

Wapres Jusuf Kalla Dijadwalkan Resmikan JKIEC di Kampus UB

0

MEDIA MALANG – Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan meresmikan “Jusuf Kalla Innovation and Entrepreneurship Centre” (JKIEC), di area kampus Universitas Brawijaya, Malang, Senin (4/12). Peresmian itu dilakukan dalam rangkaian kegiatan Seminar Nasional Hilirisasi Inovasi Tehnologi dan Start-up Bisnis di kampus tersebut.

Direktur Pengembangan dan Kerjasama Fasilitas JKIEC, Hery Toiba mengemukakan, peresmian JKIEC tersebut dilatarbelakangi atas pentingnya kontribusi perguruan tinggi dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, terutama terkait inovasi teknologi dan pengembangan kewirausahaan masyarakat.

“Perguruan tinggi merupakan salah salah satu pilar utama sumber inovasi baru bagi pengembangan teknologi dan pengembangan kewirausahaan masyarakat. Pengembangan ini melalui upaya pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya dalam rilis yang diterima, Minggu (3/12).

Kunjungan Wapres JK ini adalah puncak berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilakukan, mulai kompetesi start-up di kalangan mahasiswa, workshop pengembangan start-up, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Ia menegaskan, hilirisasi merupakan salah satu ikhtiar dari Universitas Brawijaya Malang, untuk mengembangkan hasil-hasil riset yang sesuai dengan kebutuhan pasar atau masyarakat.

Seminar, kata dia, juga mencoba mendiskusikan antara peneliti UB dengan pemangku kebijakan lainnya untuk menemukan strategi yang tepat, guna mengakselerasi pengembangan inovasi teknologi yang berbasis kebutuhan pasar.

Selain Jusuf Kalla, sejumlah pembicara lainnya juga akan hadir misalnya Moh Dimyati (Dirjen Pengembangan Riset Kemristeek DIKTI), Adang Wijaya (CEO green Nitrogen), serta Salies Apriliyanto (CEO Marksiplus Indonesia Utama).

Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan wacana kebijakan dan “Best practice hilirisasi inovasi” dan teknologi perguruan tinggi.

“Kami juga berharap, lembaga ini menjadi kawah candra di muka untuk menghasilkan entrepreneur yang kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi tehadap permasalahan yang muncul di masyarakat,” kata dia. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.