Walikota Sutiaji Ajak Warga Jaga Heritage Kota Malang

0

MALANG, MEDIAMALANG.COM – Walikota Malang Sutiaji mengajak warga untuk menjaga heritage atau sejarah di kota ini, mengingat banyak wisata sejarah yang menarik. Pengembangan dan penguatan wisata di Kota Malang itu salah satunya dikemas dalam Malang Kota Heritage.

“Kota Malang ini memiliki kekayaan heritage yang tinggi. Tak sebatas gedung, tapi juga banyak pohon pohon yang bernilai heritage, seperti pohon beringin yang ada di kawasan Tugu maupun jalan Merdeka,” kata Walikota Sutiaji di sela-sela Forum Ekonomi Malang Raya Meeting 2018 tentang tourism Malang yang digelar di Ijen Suite Hotel, Selasa (16/10).

Ia mengaku, kekayaan sejarah di kota ini luar biasa, namun saat ini semakin tergerus.

“Sayangnya, semakin ke sini, banyak jejak jejak sejarah (heritage) yang mulai tergerus dan tergeser. Karenanya saya titipkan dan saya minta kepada pegiat sejarah dan pelaku wisata untuk ikut menjaga objek-objek heritage yang masih ada agar terus terjaga, sehingga cita-cita menjadikan Malang kota heritage tidak menjadi mimpi semata,” ungkap dia.

Pihaknya juga mengungkapkan, untuk mengawal misi sekaligus menguatkan kunjungan wisata ke Kota Malang, pemerintah saat ini intensif melakukan penataan kembali kawasan kota Malang.

“Satu di antaranya akan disinkronkan dengan penataan kawasan (kampung) Arema. Ini tidak bicara satu kampung, tapi lebih pada sebuah kawasan. Siapa pun yang berada di lokasi tersebut, benar-benar menemukan dan merasakan budaya Malang,” ujar Pak Ji, sapaan akrab Walikota Malang itu.

Data Disbudpar Kota Malang, jumlah kunjungan wisatawan ke kota ini semakin lama menunjukkan peningkatan. Pada 2016 sebanyak 3.996.609 orang dengan rincian 3.987.074 wisatawan nusantara dan 9.535 wisatawan mancanegara. Sedangkan di 2017, tercatat 4.014.910 wisatawan nusantara, dan 11.934 wisatawan mancanegara. Sementara, pada 2018 ditargetkan 15.000 kunjungan wisman dan 4.2 juta wisnu. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.