Walikota Malang Ajak Pedagang Ikut BPJS Ketenagakerjaan

0

MALANG, MEDIAMALANG.COM – Walikota Malang Sutiaji meresmikan Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kota Malang, sebagai upaya mendorong tingkat kesadaran akan jaminan sosial dan mewujudkan lingkungan pasar yang sehat.

Walikota Sutiaji mengungkapkan kesehatan dan keselamatan para pekerja merupakan faktor yang sangat penting bagi peningkatan produktivitas kerja selaku sumber daya manusia. Pekerjaan yang menuntut produktivitas kerja tinggi, hanya dapat dilakukan oleh tenaga kerja dengan kondisi kesehatan prima.

“Untuk itu, melalui penandatanganan MoU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Dinas Perdagangan Kota Malang ini, saya nilai merupakan salah satu upaya yang sangat tepat dalam memberikan jaminan sosial bagi para pedagang Pasar Oro-Oro Dowo pada khususnya,” kata Sutiaji, Selasa (16/10).

Selain itu kegiatan ini, lanjut Sutiaji, dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi para pedagang pasar lainnya untuk mengikuti jejak pedagang Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang, menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan akses masyarakat, terhadap pelayanan kesehatan berkualitas, agar dapat tercapai kondisi sebagaimana yang diharapkan, sehingga diperlukan jaminan pemeliharaan kesehatan.

Program ini dimaksudkan sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan, dan/atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.

Pemeliharaan kesehatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja sehingga dapat melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya kesehatan di bidang penyembuhan.

Dalam upaya penyembuhan selama ini diketahui memerlukan dana yang tidak sedikit dan memberatkan jika dibebankan kepada perorangan, sehingga diupayakan penggalangan kemampuan masyarakat, agar dapat menimbulkan rasa aman dalam bekerja. Dengan itu, dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak bagi setiap peserta dan atau anggota keluarganya.

Sutiaji juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada saudara-saudara para pedagang, atas kesadaran serta dukungannya dalam mengikuti program pemerintah, dengan ikut program jaminan kesehatan tersebut.

“Kegiatan ini, tidak saja mampu mewujudkan lingkungan pasar yang sehat, namun para pedagang juga dapat menjalankan aktivitas kerja sehari-hari dengan penuh kenyamanan, karena terlindungi baik dari segi keselamatan maupun kesehatannya. Produktivitas kerjanya jug bisa meningkat, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” tandas Sutiaji. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.