UB Target Jadi Juara Umum Pimnas 2016

0

MEDIA MALANG – Universitas Brawijaya (UB) Malang menargetkan menjadi juara umum dalam kegiatan Persaingan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2016 yang digelar 7-12 Agustus 2016 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ketua kontingen sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (MIPA) UB Malang Darjito, kepada wartawan mengemukakan sudah meminta kepada dosen pendamping untuk terus mendampingi anak-anak yang ikut kompetisi dengan maksimal.

“Kami mengumpulkan para dosen pendamping dan meminta mereka membuatkan jadwal bagi anak-anak yang dalam pembinaan, karantina, serta mendampingi mereka dalam menyiapkan artikel ilmiah. Persiapan terakhir terus dilakukan sebelum keberangkatan ke Bogor,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/8).

Ia mengatakan, tim dari UB yang lolos ada sebanyak 27 kelompok dari berbagai fakultas, misalnya fakultas tekhnologi pertanian, peternakan, kedokteran, dan sejumlah fakultas lainnya. UB juga optimistis dalam Pimnas 2016 akan mendapatkan juara umum. Pada 2015, UB mendapatkan juara umum Pimnas yang digelar di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada tahun sebelumnya, UB mendapatkan empat emas, empat perak, dan empat perunggu pada bidang presentasi, dan untuk poster meraih enam emas, dua perak, dan empat perunggu. Namun, dari manajemen kampus, tetap optimistis akan mendapatkan juara umum.

“Lawan berat dari tahun ke tahun di tiga besar itu UGM (Universitas Gajah Mada) dan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan itu kami petakan merata, karena semua dari PTN (perguruan tinggi negeri). Namun, kami optimistis UB bisa pertahankan juara umum,” tegasnya.

UB Malang juga sudah meminta kepada panitia di IPB untuk menyediakan lokasi khusus guna memudahkan koooridinasi. Dari IPB disediakan ruangan untuk mudahkan kooridinasi tersebut.

IPB menjadi tuan rumah Pimnas tahun 2016. Pimnas yang ke-29 ini akan digelar di kampus IPB Darmaga dan diikuti 440 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos Pimnas dari seluruh Indonesia.

Pimnas diselenggarakan setiap tahun dengan tuan rumah ditetapkan perguruan tinggi di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa secara bergantian. Untuk menjadi peserta Pimnas, setiap tim mahasiswa (beranggotakan 3-5 orang) harus bersaing dengan puluhan ribu tim lain untuk mendapatkan dana kegiatan dan menghasilkan karya terbaik.

Saat ini Pimnas terbagi dalam beberapa bidang PKM yakni penelitian, kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Comments are closed.