Viewed 33 Times

UB Malang Kenalkan Proses Tes Masuk ke Kampus

0

MEDIA MALANG – Kampus Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, mengadakan kegiatan pengenalan proses masuk ke kampus baik lewat SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri, sehingga calon pendaftar bisa mengetahui dengan pasti prosesnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UB Malang Kusmartono mengatakan kegiatan ini bisa bermanfaat baik untuk sekolah ataupun untuk calon pendaftar. Ia menyebut, yang perlu diperhatikan dalam SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri adalah pemilihan progam studi. “Butuh pemetaan dari sekolah terhadap potensi dan kemampuan siswa,” katanya pada wartawan, Kamis (8/2).

Ia juga menekankan pada pentingnya prestasi dari alumni, salah satunya persaingan. Terlebih lagi, saat SNMPTN persaingan bisa terjadi di antara para murid di sekolah yang sama.

“Persaingan pada SNMPTN adalah persaingan murid di sekolah yang sama. Salah satu indikatornya adalah prestasi alumni yang juga berpengaruh pada penerimaan adik kelas,” ujar dosen Fakultas Peternakan ini.

Kusmartono menambahkan, pada penerimaan 2018 ini, Kampus UB Malang akan menerima sekitar 11 ribuan mahasiswa. “Proporsi penerimaan adalah SNMPTN min 30%, SBMPTN min 30% dan jalur mandiri max 30%. Jika ada perubahan, akan kami umumkan secara terbuka,” bebernya.

Kegiatan sosialisasi itu diselenggarakan di Gedung Widyaloka, Kampus UB Malang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala sekolah dan guru bimbingan konseling SMA/SMK/MA dari berbagai daerah di antaranya Malang Raya, Jombang, Kediri, Probolinggo dan Pasuruan.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Wakil Rektor I Bidang Akademik Kusmartono, Kepala Biro Akademik Slamet Kusnady, Kepala Bagian Akademik Agus Yuliawan serta Wakil Dekan I fakultas di lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut, dipaparkan mengenai SNMPTN, SBMPTN, serta jalur masuk lainnya di UB. Selain itu ada pula perkenalan masing-masing fakultas oleh Wakil Dekan I bidang Akademik. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.