Viewed 27 Times

Tower Ambruk, PLN Pulihkan Pasokan Listrik di Pacitan

0

MEDIA MALANG – Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupaya keras melakukan perbaikan jaringan listrik yang bermasalah setelah Tower SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PLN di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, yang ambruk diterjang longsor.

“Dalam 24 jam ini, PLN terus melakukan usaha perbaikan jaringan tower yang roboh bekerjasama dengan rekan
area pengatur distribusi, mengingat kondisi tanah di sekitar tower masih labil,” kata Manajer Komunikasi,
Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur Wisnu Yulianto pada wartawan, Minggu.

Ia mengakui, cuaca saat ini sangat berpengaruh terhadap pengerjaan perbaikan tower SUTT tersebut. Padahal, tower itu sangat dibutuhkan warga Kabupaten Pacitan. Dengan rusaknya jaringan listrik tersebut, aktivitas yang berhubungan dengan listrik lumpuh.

Untuk target rencana pemulihan, lanjut dia, ada beberapa langkah yang dilakukan salah satunya memanfaatkan tower darurat.

“SUTT 150 KV PLTU Pacitan – New Pacitan 1, bisa di optimalkan untuk evakuasi daya dari PLTU Pacitan. Target tgl 28 Januari 2018 beroperasi,” kata dia.

Tower di Desa Ketapung, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Trenggalek sempat roboh setelah terjadi tanah longsor, pada Sabtu (20/1). Akibat musibah tersebut, menyebabkan tiga Gardu Induk padam. Ada sekitar 10 kecamatan terdampak pemadaman.

Petugas juga langsung bergerak dan pada Sabtu malam aliran listrik sudah mulai berjalan, misalnya sinyal telekomunikasi yang sudah mulai aktif. Namun, perbaikan masih terus dilakukan hingga kini, memastikan semua arus listrik berjalan normal. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

EditorĀ  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.