Viewed 4 Times

Tips Selamat dari Bahaya saat Tersesat

0

MEDIA MALANG – Saat tengah penat dengan rutinitas sehari-hari, jalan-jalan bisa kamu lakukan sebagai bentuk refreshing-mu. Tujuannya pun bisa ke tempat-tempat yang menjadi favoritmu, bisa ke taman bermain hingga ke tempat wisata alam seperti hutan. Nah, kalau kamu memilih untuk jalan-jalan ke hutan ada beberapa hal yang bisa kamu dapatkan. Selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah, di sana kamu juga bisa mengenal berbagai jenis flora dan fauna. Namun ketika jalan-jalan, kamu harus berhati-hati agar tidak terlena dan tersesat karena terlalu asik menikmati keindahannya.

Apabila kamu tersesat, ada langkah-langkah yang wajib kamu lakukan agar selamat dari bahaya. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Berhenti sejenak untuk beristirahat dan pusatkan pikiran agar jangan panik

Ketika tahu kamu tersesat, usahakan untuk berhenti terlebih dahulu agar kamu bisa beristirahat. Dengan beristirahat dan tidak terus berjalan semakin masuk ke dalam hutan, kamu bisa sembari menenangkan pikiran agar tidak panik. Cara untuk menenangkan pikiran bisa kamu lakukan dengan tetap berpikiran positif dan mengatur pernafasan. Sebab kepanikan akan membuatmu semakin gegabah dalam mengambil keputusan sehingga bisa jadi kamu justru akan tersesat lebih dalam lagi.

Setelah beristirahat sejenak kamu bisa mulai berpikir akan apa saja yang tadi kamu lewati

Dengan beristirahat sejenak, kamu bisa memusatkan pikiran untuk mengingat-ingat akan apa saja yang telah kamu lewati tadi. Dalam hal ini kamu memang perlu kejelian dalam melihat tanda dan daya ingat tersendiri. Hal-hal yang bisa kamu jadikan pertanda saat tersesat di dalam hutan adalah sungai, batu besar, pohon besar yang kamu kenali jenisnyaa sampai jejak kakimu sendiri. Dalam mengingat-ingat akan hal ini memang dibutuhkan waktu sehingga jangan sampai kamu terburu-buru.

Amati keadaan di sekitar lalu manfaatkan alat-alat yang sudah kamu bawa sebelumnya

Setelah kamu mengingat-ingat tentang apa saja yang tadi kamu lewati, langkah selanjutnya adalah dengan mengamati keadaan sekitar. Dengan mengamati keadaan sekitar, pikiranmu bisa selalu waspada. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan alat-alat yang sudah kamu bawa sebelumnya. Cek apakah ada sinyal pada ponselmu. Kemungkinan besar, ponselmu akan tetap mendapatkan sinyal. Hal ini dikarenakan dengan adanya jaringan Palapa Ring yang menghubungnkan jaringan serat optic antara 34 provinsi dan 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Dengan adanya sinyal pada ponselmu itu, bisa kamu gunakan untuk menghubungi pihak-pihak yang sekiranya bisa menolongmu.

Tentukan di mana tempat teraman yang bisa kamu singgahi sembari menunggu bala bantuan

Setelah kamu menghubungi pihak-pihak yang bisa menolongmu, kemudian tentukanlah tempat yang sekiranya aman untuk menunggu. Sebagai acuan, pilihlah tempat terbuka dan tidak terlalu dekat dengan sungai. Tempat yang terbuka dimaksudkan agar ketika tim penyelamat mencari dari ketinggian, kamu senantiasa bisa terlihat. Sedangkan menjauhi daerah sungai bertujuan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan-hewan yang seringkali terpusat di sana.

Manfaatkan apa yang ada di sekitarmu agar terhindar dari dehidrasi dan rasa lapar

Saat tersesat di hutan, sembari menunggu kamu bisa duduk sejenak sembari menghilangkan rasa lelah dan dehidrasimu. Manfaatkan apa yang ada di sekitarmu seperti air sungai untuk menghindarimu dari kekurangan cairan akibat terlalu lama berjalan. Jika memang tidak ada air, kamu bisa memanfaatkan daun-daun muda serta buah-buahan yang ada. Namun kamu harus selalu hati-hati mengingat tidak semua yang ada di dalam hutan bisa kamu konsumsi.

Agar kamu bisa dengan mudah mengingat langkah-langkah di atas, kamu bisa menghapalnya dengan singkatan STOP-E. S untuk Stop atau beristirahat sejenak. T untuk thinking atau berpikir tentang pertanda. O untuk observe atau mengamati lingkungan sekitar. P untuk Planning atau menentukan tempat. Serta E untuk Everything atau memanfaatkan apa yang ada di alam. Nah, setelah membaca informasi ini tak perlu lagi khawatir saat kamu hendak berjalan-jalan ke hutan demi mengusir kepenatan. Tapi ingat ya, kamu harus selalu berhati-hati! (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : daripenjuru.id

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.