Viewed 12 Times

Tips Puasa bagi Lansia agar Lancar Selama Sebulan

0

MEDIA MALANG – Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh berkah, di mana setiap orang berlomba-lomba untuk bisa menjalankannya dengan sempurna. Akan tetapi bagi orang yang lanjut usia, puasa terkadang terasa berat.

Hal itu karena kondisi fisik mereka lemah. Terlebih lagi banyak di antara orang lanjut usia terkendala puasanya karena masalah kesehatan. Oleh karena itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan para lansia selama menjalankan ibadah puasa supaya lancar hingga sebulan penuh.

Dikutip dari buku Sehat dan Bugar Selama Puasa dan Ramadan, karangan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, Universitas Diponegoro, Prof Dr. dr Anies, berikut tipsnya:

1. Konsumsi cairan yang cukup.

Usahakan agar mengonsumsi minimal 8-10 gelas untuk mencegah dehidrasi dengan 2 gelas saat berbuka, 3-4 gelas setelah tarawih hingga sebelum tidur, dan 1 gelas ketika bangun tidur sebelum sahur serta 1-2 gelas saat sahur. Selain minum air putih, juga bisa mengonsumsi jus buah sebelum berbuka puasa dan sebelum tidur untuk menggantikan cairan yang kurang selama berpuasa.

2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi.

Pola makan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk diperhatikan oleh usia lanjut ketika berpuasa. Dianjurkan untuk mengonsumi makanan yang lambat dicerna dan berserat tinggi, seperti gandung, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah. Batasi makanan-makanan yang berminyak saat berbuka lantaran bisa meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini untuk mencegah penyakit jantung, jantung koroner dan hipertensi yang kerap dikeluhkan pada usia lanjut.

3. Obat tetap dikonsumsi.

Obat-obat untuk penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, ginjal dan lainnya harus tetap dikonsumsi. Vitamin dapat membantu bagi usia lanjut untuk menambah stamina selama berpuasa supaya tidak lemas.

4. Olahraga jangan berlebihan.

Olahraga tidak hanya bisa dilakukan oleh orang berusia muda, tapi olahraga juga penting bagi lanjut usia (lansia). Namun olahraga yang cocok untuk lansia yang ringan atau tidak berlebihan agar mencegah kelelahan saat berpuasa. Misalnya, jogging, jalan kaki atau meditasi. Jangan lupa istirahat yang cukup.

5. Periksa kesehatan.

Sebelum menjalankan ibadah puasa, sebaiknya lansia melakukan cek kesehatan. Hal itu agar mengetahui apakah kondisi kesehatannya baik untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.