Tim FT UB Kembali Raih Juara Kompetisi “KJI KBGI”

0

MEDIA MALANG – Tim Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang, berhasil menjuarai Kontes Jembatan Indonesia (KJI) dan Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI).

Dalam kompetisi tersebut tim UB meraih Juara 1 Jembatan Busur dengan Nama Jembatan The Yan Areh Bridge. Pada Jenis Jembatan Canai Dingin Baswara Bridge menjuarai kategori terindah dan kategori tercepat. Dengan peralihan kejuaraan tersebut, Tim UB berhak menjadi juara umum untuk keempat kalinya, Minggu (4/12/2016).

Felbahe Team, Batalyon Team, dan Singa Gunawangsa meraih penghargaan tertinggi dibawah komando langsung Ketua Jurusan, Sugeng Prayitno Budio.

Menurut Sugeng, dalam KBGI VIII kali ini, arsitektur bangunan yang dikompetisikan harus mempunyai ciri khas nusantara. “Harapannya konsep bangunan berwawasan nusantara dengan fitur ketahanan terhadap bencana dan ramah lingkungan dapat dilaksanakan dalam rancang-bangun di Indonesia secara luas,” katanya dalam rilis, Senin hari ini.

Disisi lain, lanjut dia, pengembangan keilmuan dalam hal konstruksi jembatan yang kokoh serta praktis menjadi sangat dibutuhkan. Konstruksi jembatan yang kokoh selama ini selalu identik dengan struktur yang besar dan tidak praktis.

“Untuk itu diperlukan inovasi-inovasi baru dalam menciptakan sistem jembatan yang tetap praktis dalam pelaksanaan konstruksinya, namun juga kokoh dalam hal kekuatannya,” katanya.

Kegiatan kontes ini sudah dimulai sejak akhir Oktober 2016. Untuk penerimaan akhir proposal ini pada 25 Oktober, sementara penilaian/evaluasi proposal 26 dan 27 Oktober, dan pengumuman finalis tanggal 28 Oktober 2016. Puncak kompetisi dilaksanakan pada tanggal 2-4 Desember 2016

Kegiatan kontes ini bertempat di kampus Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri). Acara ini rutin digelar setiap tahunan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti.

Sementara itu, dalam kegiatan KBGI VIII ini terdapat 38 tim, yang terdiri dari 24 perguruan tinggi negeri dan swasta. Untuk KJI XII, kategori jembatan canai dingin sebanyak 61 tim terdiri dari 28 perguruan tinggi negeri dan swasta sedangkan kategori jembatan busur rotan sebanyak 48 tim terdiri dari 21 perguruan tinggi. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Comments are closed.