Viewed 1 Times

Tiga Menteri Hadiri Penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017

0

MEDIA MALANG – Tiga menteri menghadiri acara penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017, yang diselenggarakan di Lapangan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Acara itu diikuti 73 peserta kirab dari seluruh Indonesia.

Tiga menteri itu antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengemukakan, penutupan itu sengaja diselenggarakan di Blitar, sebab di daerah ini dimakamkan proklamator yang juga mantan Presiden pertama Soekarno.

“Di Blitar ini, makam Bung Karno disemayamkan. Titik awal semangat kemerdekaan harus dimulai dari sekarang yang mengabdikan hidupnya untuk negeri,” katanya saat pidato penutupan Kirab Pemuda Nusantara 2017 tersebut, Kamis (7/12).

Ia juga terkesan dengan semangat para peserta. Mereka semangat mengelilingi Indonesia, bahkan tidak peduli jika penampilan menjadi berantakan.

Menpora berharap, kegiatan tersebut bisa memberikan semangat pada pemuda di Tanah Air lainnya untuk bersatu. Walaupun mereka berbeda-beda dari suku bangsa, tapi tetap satu.

Ia juga mengingatkan, tantangan ke depan akan semakin berat. “Tidak mudah, karena ada bonus demografi. Jadi, harus diisi dengan berbagai hal untuk mengawal baik masa depan Indonesia menjadi lebih baik. Jika tidak diisi sekarang dengan hal produktif, konstruktif, ekonomi tidak kuat,” jelas dia.

Menko PMK Puan Maharani menambahkan, bahwa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi pembangunan Indonesia. Salah satu yang bisa dilakukan dengan gotong royong.

“Pembangunan bisa berhasil jika ada kebersamaan dan gotong royong. Tidak mungkin terwujud tanpa kesatuan,” ujar Puan.

Puan menambahkan, pemuda mempunyai peran yang cukup strategis demi memajukan bangsa. “Pemuda memiliki peran strategis demi kemajuan bangsa. Semua yang hadir di sini berasal dari berbagai macam suku, agama, namun berkumpul sebagai satu keluarga, satu saudara yaitu rakyat Indonesia,” pungkas Puan.

Acara itu selain dihadiri tiga menteri tersebut, juga terdapat Gubernur Jatim Soekarwo, Bupati Blitar Rijanto, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Juga terdapat artis Cakra Konta Paryaman atau yang akrab disapa Cakra Khan yang ikut menghibur para peserta.

Selain dihadiri para pejabat, juga terdapat ratusan pelajar dari seluruh sekolah di Kabupaten Blitar. Mereka ikut serta mengikuti acara itu mulai dari awal hingga akhir.

Kirab pemuda itu dimulai pada Selasa (26/9). Ada 73 pemuda terlibat dan dibagi menjadi dua zona, yaitu zona pertama dengan titik awal di Miangas, Sulawesi Utara dan melintasi Sabang dan Zona kedua dari Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) melintasi Merauke, yang semuanya finish di Blitar. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.