Tabung Elpiji Terbakar, Siswa Berhamburan

0

MEDIA MALANG – Ratusan siswa dan guru SMK Brawijaya, Batu, berhamburan ke luar sekolah sesaat setelah mendengar suara ledakan. Suara itu ternyata berasal dari tabung elpiji serta tabung angin di dalam sekolah.

Wakil Ketua Kesiswaan SMK Brawijaya, Batu, Zainul Yatim, Selasa mengemukakan ledakan terjadi sekitar pukul 09.50 WIB. Suara itu berasal dari ruang kelas siswa, dimana saat itu, ada kegiatan praktikum yang diikuti siswa kelas 10 teknik mesin.

“Saat siswa sedang praktik mengelas dan memotong material pelat besi, tiba-tiba ada percikan api yang mengenai selang tabung acetylene. Dan kebetulan posisinya juga dekat dengan tabung elpiji dan angin, sehingga api cepat sekali menyambar setelah itu meledak,” ujarnya kepada wartawan di Malang, Selasa, hari ini.

Ia menduga terjadi kebocoran di bagian selang, sehingga terjadi kebakaran itu. Ia juga mengatakan, kejadian itu tidak terduga dan murni kecelakaan, sebab sebelumnya petugas sudah melakukan pemeriksaan, dan musibah itu terjadi saat praktik berlangsung.

“Setiap kali kami melakukan praktikum pembina/petugas selalu melakukan kontrol. Alat ini juga sudah sesuai dengan standard operasional, dan ini adalah kali pertama terjadi setelah 32 tahun terakhir,” ujarnya.

Kejadian ledakan itu berlangsung saat para pelajar sedang konsentrasi mengikuti kegiatan belajar mengajar. Mendengar suara ledakan, mereka panik dan berhamburan ke luar sekolah. Sementara itu di ruang praktikum, api juga terlihat membakar tabung. Asap pekat juga memenuhi seluruh ruangan di tempat itu. Sejumlah siswa sempat terjebak, saat kejadian berlangsung. Mereka membobol sekat ruangan dan ke luar lewat jendela.

Petugas pemadam kebakaran juga langsung datang sesaat setelah peristiwa terjadi, namun saat petugas datang api sudah reda. Petugas pun hanya menggunakan alat pemadam ringan (apar) untuk memadamkan api dan menggunakan blower untuk mengurangi asap. Dalam musibah itu, tidak ada korban jiwa, sementara kerugian material hanya berupa selang dan satu set tabung acetylene. (*)

Penulis : Galuh Pandu Larasati

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.