Sutiaji Dapat Mandat Jalankan Tugas Walikota Malang

0

MEDIA MALANG – Wakil Wali Kota Malang Sutiaji mendapatkan mandat untuk melaksanakan tugas Walikota Malang, menyusul Walikota Abah Anton yang masih ada perkara hukum. Mandat itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur mengatakan bahwa setiap daerah tidak boleh mengalami kekosongan pemerintahan. Meskipun hari ini masih masuk hari terakhir kampanye namun besok tetap harus ada kepala daerah yang memimpin daerahnya, karena sesuai aturan yang ada masyarakat tidak dapat menunggu apabila membutuhkan kebijakan yang sifatnya mendesak.

“Untuk itu, acara ini dilaksanakan pada hari ini, karena mempertimbangkan hal tersebut. Birokrasi harus tetap berjalan meskipun politiknya terus berganti-ganti,” kata Pakde, sebutan akrab Soekarwo, Sabtu (23/6).

Ia mencontohkan, setidaknya perlu belajar ke Singapura agar mantan kepala daerah ditempatkan pada posisi pembangunan yang strategis, dengan harapan program antarsatu kepala daerah dengan kepala daerah lainnya dapat terus berkesinambungan.

Pakde Karwo juga berpesan agar Wakil Walikota Malang dapat sepenuhnya menjalankan tugas dengan baik.

Sementara itu, Sutiaji mengatakan bahwa prioritas tugas yang akan dilaksanakan adalah memastikan bahwa pelayanan publik di Kota Malang berjalan dengan baik, kinerja ASN di Pemerintah Kota Malang juga terus meningkat.

“Selain itu, masih banyak pekerjaan rumah yang selama masa jabatan kami ini harus segera diselesaikan utamanya persoalan terkait pasar blimbing dan pasar gadang, karena hal tersebut nantinya akan kami pertanggungjawabkan dalam laporan LKPJ,” kata Sutiaji.

Sementara itu, Pejabat Sementara Walikota Malang Wahid Wahyudi mengucapkan rasa terima kasihnya karena selama menjabat sebagai Pjs Walikota Malang banyak mendapatkan dukungan dari forkopimda dan seluruh jajarannya, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat Kota Malang sendiri yang turut serta membangun dan menjaga ketentraman serta ketertiban selama ini.

“Saya sangat betah dan kerasan berada di Kota Malang, karena Kota Malang adalah kota yang nyaman serta selalu kondusif” ungkapnya.

Serah terima jabatan dari Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi kepada Wakil Walikota Malang Sutiaji itu dilakukan dengan lancar.

Hal itu berdasarkan Surat Perintah Tugas dari Gubernur Jawa Timur nomor : 131/614/011.2/2018, yang telah memerintahkan Sutiaji untuk menjalankan tugas dan wewenang Walikota Malang sebagaimana dimaksud dalam pasal 65 ayat (1) dan ayat (2) Undang – Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Selain serah terima jabatan dari Pjs Walikota Malang kepada Wakil Walikota Malang, juga dilakukan penyerahan jabatan dari Pjs Bupati Jombang kepada Wakil Bupati Jombang dan dari Pjs Walikota Kediri Jumadi ke Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Wawali Kediri Lilik Muhibbah. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.