Viewed 1,185 Times

Sensasi Menikmati Steak Ontong, Makanan ala Eropa yang Menyehatkan

0

MEDIA MALANG – Ontong atau jantung pisang nikmat diolah menjadi beragam olahan makanan. Selain untuk sayur, ternyata ontong juga enak diolah menjadi steak. Makanan ala barat ini digemari oleh warga Malang.

Di TJ Heritage Resto& CafeMalang ini, pecinta kuliner bisa menikmati menu “ndeso” ini. Diolah sedemikian rupa, ontong yang sering disebut jantung pisang ini sangat nikmat.

Chef sekaligus pemilik rumah makan TJ Heritage Resto& Cafe Eka Budi Prasetya, mengemukakan sengaja memilih ontong sebagai menu andalan di restoran ini. Selain mudah ditemukan, cita rasa steak ini juga tidak kalah dengan daging.

Sebuah jantung pisang, kata Eka, mengandung banyak vitamin, di antaranya vitamin A, B-1, dan fosfor. “Karena kandungan vitamin yang melimpah, ontong juga baik untuk ibu hamil, menurunkan kolesterol, serta diabetes,” katanya.

Agar tidak meninggalkan cita rasa steak sebagai masakan Eropa, ontong diolah dengan bahan khusus. Namun, tidak semua jantung pisang nikmati dijadikan bahan makanan. “Jantung pisang paling enak itu jenis pisang klutuk atau pisang batu, pisang raja, pisang gajih,” ujar pria lulusan sekolah perhotelah di Inggris ini.

Untuk membuat menu ala barat ini, yang dilakukan pertama membersihkan jantung pisang sampai bersih. Yang dimanfaatkan hanyalah bagian tengahnya, setelahnya dibelah dan dibuang bagian hatinya, lalu dipotong sesuai selera.

Setelah dipotong, disiapkan air dan diberi garam serta jeruk nipis. Fungsinya, untuk mengawetkan warna. “Potongan jantung pisang direndam sekitar dua jam, lalu dimasak dengan panas 65 derajat celsius,” jelasnya

Untuk bumbunya, Eka juga tidak pelit informasi. Bumbu yang disiapkan di antaranya bawang putih, bawang bombai, garam, merica, paprika, daun bawang. Jantung pisang ditumis dengan aneka bumbu itu. Setelahnya, diberi tepung sedikit agar lebih mengental dan dimasak sampai matang.

Olahan jantung pisang itu dibuat pipih menyerupai steak pada umumnya, lalu digulingkan ke tapung dan dicelupkan ke kocokan telur. Tepung juga akan memberi efek renyah saat digoreng. Adonan digoreng sampai berwarna kuning kecokelatan lalu diangkat dan ditiriskan.

Setelahnya, disiapkan steak tenderloinnya, lalu lumuri steak tenderloin dengan bumbu khusus dan panggang hingg matang. Setelahnya, masakan ini siap disajikan di piring saji.

Harga seporsi steak ini juga terjangkau. Pengunjung bisa menikmati steak nan sehat ini rumah makan yang terletak, di Jalan Ijen Kota Malang. Selain itu, pengunjung pun juga dipastikan betah berlama-lama di rumah makan ini. Konsep rumah makan ini juga dibuat dengan ala barat, sehingga terkesan mewah. Namun, janagn terlalu khawatir kantong bolong saat masuk di rumah makan ini, sebab harga makanan juga terjangkau.

General Manager TJ Heritage Resto& Cafe Andika Purwanto menu kuliner di tempatnya ingin dibuat beda dengan restoran lainnya. Selain memilih menu sederhana, juga menu yang sehat. “Wisatawan itu mencari sesuatu yang berbau tradisional, dan kami salah satunya,” ujarnya.

Salah satu pengunjung, Deni Mio mengaku menikmati steak ini mempunyai cita rasa tersendiri, terdapat sayur sekaligus daging. “Rasanya lebih kedaerahan, lebih cocok saja. Ada sayur tetapi juga ada dagingnya,” pungkas Deni. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.