Viewed 12 Times

Sembilan Perusahaan Dapat Penghargaan “Zero Accident”

0

MEDIA MALANG – Sebanyak sembilan perusahaan di Kabupaten Malang, berhasil mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jatim, atas partisipasi mereka yang telah menerapkan Sistem Managemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3), Human Immunodeficiency Virus (HIV), dan Zero Accident.

Kepala Disnaker Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo mengaku ikut bangga dengan penghargaan yang telah diberikan tersebut. Hal itu bisa sebagai contoh bagi perusahaan lainnya untuk juga menerapkan sistem keselamatan serta kesehatan bagi para karyawan dengan lebih baik. Di Kabupaten Malang, ada sekitar 1.200 perusahaan dengan berbagai kategori.

“Kami sangat berterima kasih atas peran pimpinan perusahaan yang telah berhasil dan mampu memberikan keamanan dan kenyamanan pekerja di perusahaannya,” katanya pada wartawan, Minggu (21/1).

Walaupun ada sembilan perusahaan yang telah mendapatkan prestasi, pemerintah kabupaten tetap menekankan pada perusahaaan lainnya untuk mematuhi aturan yang berlaku. Dengan itu, secara tidak langsung bisa memberikan keselamatan pada para pekerja.

“Sinergisitas itu diperlukan, guna untuk menguatkan dalam menciptakan keselamatan dan kesehatan pekerja di berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Malang. Keselamatan kerja itu harus dapat dipenuhi oleh masing-masing perusahaan, karena itu pun juga aturan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker),” ujarnya menerangkan.

Pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Wilayah Malang Raya Rika Lestari mengatakan Apindo memang terus melakukan sinergisitas dengan Disnaker Kabupaten Malang dalam penguatan serta pengawasan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan keselamatan kerja pada karyawan.

“Kami tidak menutup mata, yang namanya kecelakaan kerja di perusahaan bisa terjadi, apalagi dengan ribuan perusahaan yang ada di Kabupaten Malang ini. Jadi, diperlukan sinergisitas dengan disnaker agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja,” katanya berharap. (*)

Penullis : Cahyono

Editor   : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.