Segarnya Es Kurma Melon

0

MEDIA MALANG – Buah kurma mengandung banyak gizi. Dari wikipedia, kurma adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Kurma banyak jenisnya, ada kurma misalnya kurma tunisia, arab, madinah, dan banyak jenis lainnya. Kurma juga banyak beragam manfaat. Kurma memiliki kandungan tannin yang tinggi dan secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) dan astringent pada usus yang bermasalah.

Kurma dapat diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta. Satu keyakinan tradisional mengatakan bahwa kurma dapat menetralkan keracunan alkohol. Bubuk biji juga digunakan dalam beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, digunakan untuk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan]Akarnya digunakan melawan sakit gigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan memiliki efek gonadotropic pada tikus muda.

Kurma nikmat dijadikan beragam makanan dan minuman. Salah satunya dibuat jus dengan dicampur dengan buah melon. Berikut resep es kurma melon :

Bahan-bahan
7 butirkurma
75 gr melon
100 ml susu UHT cair (ultramilk)
secukupnyaea batu

Langkah
Buang biji kurma dan rendam selama 15 menit. kupas melon dan potong kecil-kecil.
Blender semua bahan hingga halus, tuang kedalam gelas dan masukan es batu. selamat menikmati. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : cookpad.com

Comments are closed.