Viewed 5 Times

Santapan Lezat Ini Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

0

MEDIA MALANG – Jika berhubungan dengan makanan, ada orang yang suka memasangkan suatu makanan dengan makanan atau minuman lain agar muncul sensasi lezat yang lain dari biasanya. Misalnya, ada orang yang suka makan mie goreng dengan telur atau makan bakso dan ditutup dengan es degan.

Well, menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, ada beberapa kombinasi makanan yang familiar bagi kamu namun ternyata menyimpan bahaya kesehatan. Apa saja?

1. Sandwich dan kopi

Saat sarapan, kamu terkadang ingin menyantap sandwich dan minum kopi sesudahnya. Sandwich yang dipilih bisa yang berisi daging, telur, atau kombinasi makanan lainnya.

Masalah kesehatan yang terjadi akibat kombinasi ini adalah kandungan karbohidrat sederhana dalam roti bisa mencegah kalsium dicerna dengan benar. Dan hal ini bisa menyebabkan masalah pada sistem kardiovaskular. Mengguyurnya dengan kopi bisa membuat masalah pada produksi hormon adrenal.

2. Tomat dan mentimun

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menggabungkan kedua sayur ini bisa mengganggu jalur biokimia yang ada dalam tubuh. Akibatnya bisa terjadi pembengkakan organ berlebihan. Selain itu, vitamin yang terkandung di kedua sayuran ini juga tidak akan bisa dicerna dengan baik.

3. Kentang dan daging

Kombinasi kedua makanan ini sangat berat untuk dicerna. Sebab pati yang terkandung dalam kentang serta protein dari daging yang bersifat asam terlalu berat untuk dicerna. Saat dimakan secara bersamaan, makanan ini tidak tercerna dengan baik dan membawa gangguan seperti mulas, produksi gas berlbih, serta naiknya asam lambung.

4. Pasta dan daging cincang

Pasta, terutama yang bersaus bolognese mengandung daging cincang di dalamnya. Meski rasanya enak, makanan ini tak perlu dimakan terlalu sering karena kelenjar ludah yang memproduksi ptyalin dan amilase bisa mengubah pati menjadi gula sederhana. Bila kandungan gula ini bercampur dengan protein daging akan menimbulkan reaksi kimia berbahaya yang bisa memicu munculnya diabetes dan penyakit kardiovaskular.

5. Bir dan kacang

Ketika kamu minum bir, maka akan disediakan kacang sebagai camilan. Namun rasa asin dari kacang bisa membuatmu merasakan dehidrasi berlebih yang kemudian membuatmu minum bir lagi dan lagi. Tentu saja, konsumsi minuman beralkohol secara berlebih akan meningkatkan risiko munculnya penyakit berbahaya lainnya.

6. Susu dan nanas

Buah yang terasa asam seperti nanas bisa melambatkan kerja pencernaanmu di pagi hari. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain atau enzim yang bisa menyebabkan keracunan bila dikombinasikan dengan produk susu.

Jadi, jangan pernah makan nanas dan menutupnya dengan minum susu. Atau makan nanas sambil dicampur dengan yogurt.

7. Susu dan pisang

Beberapa ahli gizi meyakini bahwa buah-buahan, terutama yang terasa manis harus dikonsumsi secara terpisah. Sebab buah yang manis dicerna secara perlahan. Nah, jika kamu meminum susu sesudahnya, maka hal ini malah akan melambatkan pencernaan yang terjadi.

Demi menjaga kesehatan, kamu wajib memilih makanan secara bijak. Salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi kombinasi makanan di atas serta memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi utuh. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.