Sahur dengan Sambal Goreng Tempe Telur Puyuh

0

MEDIA MALANG – Anda penyuka pedas, atau mungkin Anda penyuka sambal goreng? Mungkin Anda bosan dengan sajian sambal goreng ati/udang/daging, resep kali ini bisa dijadikan sebagai pilihan hidangan sambal goreng yang berbeda untuk dimasak dari yang biasanya. Karena resep menu sambal goreng kali ini, dijamin pasti berbeda dan mungkin saja Anda belum pernah mencoba untuk membuatnya.

Menu resep kali ini bernama resep Sambal Goreng Tempe dengan Telur Puyuh. Tempe yang telah dipotong kotak-kotak kemudian dimasak bersama santan dan berbagai bumbu rempah lainnya tidak lupa yang paling penting adalah cabai nya, lalu kemudian ditambah dengan telur puyuh yang sebelumnya telah direbus lalu digoreng.

Oya, bukan hanya itu saja sambal goreng tempe dengan telur puyuh ini juga memiliki harum yang menggoda karena daun jeruk purut yang dimasak bersama dengan sambal goreng ini. Bagi Anda yang penasaran silahkan langsung dicoba ya resep berikut ini.

Bahan:
Tempe 200 gram, potong kotak
20 buah telur puyuh, rebus, kupas kulitnya
500 cc santan dari ½ butir kelapa
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 ruas lengkuas, memarkan
10 buah cabai rawit utuh
2 buah cabai merah besar iris serong
Garam secukupnya
1 sendok makan gula merah

Bumbu dihaluskan:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah

Cara membuat
Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas. Aduk, tambahkan tempe, cabai rawit merah, aduk-aduk.
Masukkan santan, telur puyuh dan semua sisa bumbu, masak sampai santan kental.
Catatan: tempe dapat diganti tahu atau dapat menggunakan kedua-duanya.

Daun salam dan daun jeruk purut menjadi bagian penting dalam resep ini karena akan memberikan sensasi harum yang menyegarkan jika Anda menambahkannya. Oleh Karena itu disarankan jangan sampai melupakan bahan yang satu ini ya. Untuk tingkat kepedasan sambal goreng ini bisa Anda sesuaikan menurut selera Anda dengan cara menambahkan atau mengurangi jumlah cabai rawit dan cabai merah. Selamat mencoba! (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : bacaresepdulu.com

Comments are closed.