Robot Pemadam Api Ini Lolos Lomba KRI Nasional

0

MEDIA MALANG – Tim Robotika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), berhasi menjadi juara I kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dalam acara Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah Regional IV.

Ketua Tim Robotika UMM Alfan Achmadillah Fauzi mengemukakan, ia dengan tiga orang temannya berlatih selama tiga bulan menyiapkan konsep robot. Saat ini, tim sedang bersiap dalam dalam KRI 2018 Nasional di di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

“Kami berlatih selama tiga bulan dan ini menjadikan kami sangat percaya diri untuk melenggang ke tingkat nasional,” kata dia.

Mahasiswa Teknik Elektro (TE) Fakultas Teknik (FT) UMM ini juga mengaku optimistis dengan target akan lolos di lomba tersebut.

Terbukti, dalam dua kali babak penyisihan DOME UMM robot karya mahasiswa UMM melesat jauh di peringkat pertama meninggalkan dua tim dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada kategori KRPAI.

Pihaknya sangat bersyukur dengan prestasi yang diraih ini.

“Dengan semangat para pendahulu kami yang sudah sukses, maka kami sudah jauh lebih siap dalam laga ini,” ujar Rochmansyah, anggota lainnya.

Tim ini beranggotakan antara lain Alfan Achmadillah Fauzi (ketua), Ken Dedes Maria Kunthy (teknisi), dan Rochmansyah (anggota).

Kontes Robot Indonesia (KRI) ke-18 merupakan kompetisi tingkat nasional yang dibagi dalam lima devisi yakni Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Sebanyak 91 tim dari 48 universitas di Indonesia berkompetisi di ajang bergengsi ini. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.