Ribuan Orang Ikuti Kirab Patung Dewa Dewi

0

MEDIA MALANG – Ribuan orang mengikuti kirab patung Dewa Dewi memperingati HUT ke-191 Kelenteng Eng An Kiong di kawasan Jalan Laksamana Martadinata, Kota Malang. Acara kirab tersebut diikuti Kelenteng se-Jawa dan Bali.

Ketua Yayasan Kelenteng Eng An Kiong, Bungsu Anton Triyono mengemukakan kirab tersebut merupakan acara yang spesial, sebab digelar tiga tahun sekali. Terdapat sebanyak 38 patung dari 50 kelenteng yang dikirab. “Yang terlibat adalah masyarakat dari 23 daerah di Jawa, Bali, dan Madura,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Acara kirab itu berlangsung dengan tertib. Adapun rutenya, dari kelenteng – JL Maratdinata – Jl Gatot Subroto – embong brantas – Stasiun Kota Baru – JL Tugu – JL Trunojoyo – JL Dr Cipto – JL JA Suprapto – JL Basuki Rahmat – JL Merdeka Timur – JL Pasr Besar – Kelenteng.

Selain kirab patung, sejumlah kesenian lain juga pentas, misalnya reog, sakera, pencak cimande, barongsai, leang leong, kuda nari, hingga mengarak tumpeng hasil bumi.

Sementara itu, Wali Kota Malang Mochamad Anton mengatakan acara ini sangat menarik dan salah satu upaya mempertahankan budaya di tengah arus modernisasi yang gencar dilakukan. Pemerintah kota pun sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Pemerintah Kota Malang, sangat mengapresiasi kirab ini, karena merupakan bagian dari pelestarian budaya. Nanti ke depan akan terus bersinergi dengan Klenteng Eng An Kiong utamanya dalam hal menjaga budaya ini,” ujarnya.

Selain Abah Anton, sapaan akrabnya, sejumlah pejabat lain juga ikut hadir, seperti Wakil Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang Arif Wicaksono dan beberapa pimpinan SKPD serta Forpimda dan FKUB. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Comments are closed.