Viewed 9 Times

Resmikan Sekolah SMA, Presiden Jokowi Siap Bersaing dengan Negara Lain

0

MEDIA MALANG – Presiden Joko Widodo meresmikan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur, yang berlokasi di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sabtu pagi.

Dalam kegiatan itu, Presiden ingin agar SDM usia produktif disiapkan sebaik mungkin, agar mampu bersaing dengan negara lain. Terlebih lagi, pada 2030 ke atas, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, dimana 60 persen di antaranya yang berusia produktif dinilai sebagai keuntungan.

“Di Indonesia usia-usia produktif sangat banyak, tetapi kalau usia produktif itu tidak disiapkan sekarang, itu justru akan menjadi sebuah beban negara karena kesalahan kita tak menyiapkan anak-anak kita bersaing dengan negara lain,” katanya dalam acara itu.

Presiden meminta agar semua pihak menyiapkan SDM usia produktif dengan baik. SDM dinilai memiliki peranan penting bagi negara.

Ia juga bangga dengan pendirian sekolah ini. “Saya bangga sekali (pendirian sekolah) yang dimotori Pak Gubernur dan TNI AL, diberi dukungan dari daerah, Malang. Pada pagi hari ini bisa kita lihat SMA Negeri Taruna Nala. Yang kita harapkan bisa mengeluarkan, memproduksi, mempunyai keunggulan-keunggulan SDM,” ujarnya.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, Presiden berharap bisa mengejar berbagai ketertinggalan. “Kita harus mengejar, memperbaiki, di mana kita tertinggal. Jangan sampai kita justru terjebak pada persoalan-persoalan yang sekarang ini kita lihat saling menjelekkan, saling menghujat, terutama di media sosial, saling menyalahkan, memfitnah, membuat berita-berita hoax, di media sosial. Ini ada hal-hal yang tidak produktif, hal-hal yang tak memiliki kontribusi pada negara ini,” paparnya.

Presiden juga berpesan pada para pendidik agar siswa SMA Taruna Nala betul-betul dibina, agar menjadi SDM yang produktif menjadi kebanggaan bangsa.

Dalam kunjungan kerja ke Malang, Jatim, Presiden juga dijadwalkan akan menghadiri Kajian Ramadan 1438 H Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang Dome, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Presiden beserta rombongan direncanakan akan langsung kembali ke Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Dalam kunjungan kerja ke Malang, sejumlah pejabat akan menghadiri kegiatan itu, di antaranya Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Plt. Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit dan Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Ari Setiawan. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.