Viewed 6 Times

Puluhan Hektare Lahan di Kawasan Bromo Terbakar

0

MEDIA MALANG – Puluhan hektare lahan di kawasan Gunung Bromo terbakar. Kawasan yang terbakar itu tersebar di wilayah Kabupaten Malang, Probolinggo dan Pasuruan.

Kepala Seksi Wilayah I Balai Besar TNBTS Sarmin mengemukakan pemadaman dilakukan oleh petugas. Upaya pemadaman melibatkan tim dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), relawan dan warga setempat. Upaya tersebut membuahkan hasil. “Api yang membakar kawasan sudah padam,” katanya pada wartawan, Rabu (13/9).

Ia mengemukakan, kebakaran itu terdeteksi sejak Senin (11/9). Api terlihat hingga tiga wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Pasuruan. Luas lahannya diperkirakan lebih dari 70 hektare.

Areal hutan yang terbakar di Pasuruan diketahui masuk blok Dingklik Resor Pananjakan seluas 14 hektare, tersebar di Mendongan 3 hektare, Pakisbincil 3 hektare, Mungal 5 hektare dan Bukit Kingkong 3 hektare.

Di kawasan Probolinggo, tepatnya di blok Savana, Resor Tengger laut pasir seluas 32 hektare, tersebar di savana 30 hektare dan Andan-Andan 2 hektare. Areal kebakaran lahan di wilayah Malang meliputi blok Watugedhe, Resor Coban Trisula seluas 30 hektare tersebar di Watugedhe 25 ha dan Jemplang 5 hektare.

Setelah semua tim bergerak, akhirnya api berhasil dipadamkan pada Selasa (12/9) malam. Proses pemadaman juga dengan menggunakan alat seadanya.

Sementara itu, petugas juga masih menyelidiki penyebab kebakaran. Petugas juga mengimbau pada pengunjung untuk berhati-hati dan tidak menyalakan api, sebab dikhawatirkan bisa memicu terjadinya kebakaran. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.