Presiden Jokowi Resmikan Tol Gempol – Pasuruan Sepanjang 20,5 Kilometer

0

MEDIA MALANG – Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Gempol – Pasuruan seksi 1 dan 2 sepanjang 20,5 kilometer. Pembangunan Tol Gempol – Pasuruan tersebut merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Tol itu bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi mulai dari Merak sampai Pasuruan.

“Kami harapkan Akhir tahun 2018 ini Tol Trans Jawa Merak – Pasuruan sudah rampung, selesai seperti yang tadi sudah disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kemudian dilanjutkan lagi ke Banyuwangi, kita harapkan 2019 juga insya Allah selesai,” kata Jokowi, Jumat ( 22/06) di Pasuruan.

Menurut Jokowi, dengan beroperasinya Tol Gempol – Pasuruan akan dapat memberikan dampak ekonomi positif dan menguntungkan masyarakat. Mulai dari distribusi barang sampai mobilitas masyarakat. Jokowi ingin Tol bisa dimanfaatkan untuk dan dunia usaha.

Setiap jalan tol harus terintegrasi dengan titik – titik pertumbuhan ekonomi, baik untuk kawasan industri, wisata, sampai pelabuhan untuk mengembangkan dunia usaha.

“Kami berharap dengan adanya jalan tol ini mobiitas orang, mobilitas barang, distribusi logistik, kemudian biaya logistik akan menjadi lebih murah karena bisa lebih cepat,” tuturnya.

Jokowi juga berjanji akan terus membangun infrastruktur Jalan Tol sampai Banyuwangi. Jokowi menargetkan pembangunan Tol di Banyuwangi akan selesai dan dioperasionalkan di akhir 2019.

“Tol Merak – Banyuwangi bisa dioperasikan akhir 2019,” pungkasnya.(*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.