Presiden Jokowi Dorong Ponpes Bangun Ekonomi Kreatif

0

MEDIA MALANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pesantrenpreneur Ummart di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Kota Pasuruan, Sabtu (12/5). Presiden sekaligus meresmikan Umat Mart (Ummart) yang ada di pesantren itu.

Presiden sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh HIPMI, sebab ikut serta berupaya meningkatkan ekonomi umat dengan mendorong kegiatan usaha di pesantren.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada HIPMI, khususnya HIPMI Jatim yang telah memulai masuk ke pesantren, ke umatnya dan ini meningkitkan ekonomi. Gagasan seperti ini harus kita dorong,” kata Presiden dalam sambutannya di pesantren itu.

Presiden juga mengungkapkan, pemerintah akan terus mendorong adanya gagasan HIPMI Pesantrenpreneur dan Ummart ini, sebagai bagian meningkatkan ekonomi di Indonesia.

Pemerintah, kata Presiden juga telah memiliki program kerja Bank Wakaf Mikro yang dilakukan di sejumlah pondok pesantren untuk meningkatkan ekonomi keumatan di Indonesia. Ia berharap, para santri ke depannya
bisa menjadi santri enterpreneur.

Dalam kegiatan ini, sebenarnya ada 10 pondok pesantren yang juga meresmikan program yang sama, namun kegiatan itu diwakli di di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Kota Pasuruan. Presiden melakukan video confrence untuk peresmian yang ditandai dengan pemukukan bedug.

Ummart sendiri merupakan toko swalayan yang dibuat dengan konsep modern dengan menggunakan sistem jual beli syariah. Barang-barang yang dijual di toko juga sama, misalnya bahan pokok dan beragam kebutuhan masyarakat lainnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri, antara lain Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menperin Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sektetaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jatim Soekarwo.

Sejumlah petinggi dari HIPMI baik tingkat pusat hingga daerah juga datang. Acara itu juga dihadiri ribuan tamu udangan dari berbagai daerah. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.