Viewed 57 Times

Polisi Ajukan Surat Penundaan Sidang Ahok agar Ditunda

0

MEDIA MALANG – Polda Metro Jaya melayangkan surat resmi berisi permohonan penundaan pelaksanaan sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Selain itu, dalam surat tersebut polisi juga menyatakan akan menunda pemeriksaan terhadap Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Baik Ahok, Anies, dan Sandi saat ini tengah bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, mengakui pihaknya memang mengajukan permohonan penundaan sidang kepada majelis hakim kasus dugaan penistaan agama.

Argo menyatakan, alasan mengajukan penundaan sidang tuntutan Ahok adalah situasi Ibu Kota bisa tertib dan aman jelang hari pencoblosan pada 19 April mendatang.

Dikatakan Argo, penyampaian surat itu juga merupakan hal yang wajar dilakukan polisi sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap kondisi keamanan dan ketertiban.

“Wajar kepolisian mengirim surat berkaitan itu agar persiapan pelaksanaan pencoblosan dapat dilaksanakan dengan aman dan tertib,” ujar Argo kepada wartawan, Kamis (6/4/2017).

Penundaan sidang itu, menurut Argo, juga bertujuan agar polisi dapat memfokuskan kekuatan mengamankan jalannya masa pencoblosan. Selama ini, pihak kepolisian memang menerjunkan kekuatan besar untuk mengawal jalannya sidang Ahok.

“Mengingat pelaksanaan sidang mendekati masa tenang dan pencoblosan, dikhawatirkan ada pengerahan massa sehingga untuk meminimalisir kemungkinan yang ada dilakukan itu (penundaan),” ucap Argo. (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : tribunnews.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.