Viewed 17 Times

Petani Kekurangan Benih Hortikultura

0

MEDIA MALANG –¬† Petani hortikultura dimungkinkan akan kekurangan benih, menyusul cuaca ekstrim yang ternyata memengaruhi produksi benih. Asosiasi Produsen Perbenihan Hortikultura Indonesia memperkirakan produksi benih hortikultura diperkirakan tidak mencukupi untuk kebutuhan selama 2018.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Perbenihan Hortikultura Indonesia (Hortindo) Afrizal Gindow mengatakan total kebutuhan benih tahun ini diperkirakan mencapai 16.000 ton. Namun, produksi benih dari anggota Hortindo belum sebanyak itu.

“Kami memperkirakan produksi benih anggota Hortindo di tahun 2018 akan mencapai sekitar 5.000 ton,” katanya pada wartawan di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (22/2).

Pihaknya juga melakukan berbagai upaya mengantisipasi cuaca dan iklim yang ekstrim dan kurang bersahabat bagi pertanian. Hortindo menegaskan terus menjaga kualitas dan volume pasokan seiring meningkatnya permintaan benih.

Asosiasi membantu petani di Jawa Timur untuk memasang shelter atau pelindung tanaman dari hujan. Hal itu diharapkan bisa semakin meningkatkan produksi benih.

Pihaknya juga melakukan beragam riset menemukan varietas unggul baru yang lebih tahan terhadap curah hujan tinggi. “Saat ini Hortindo sudah menemukan dan memproduksi sekitar 170 varietas sayuran,” ujarnya.

Selain itu, ke depannya juga akan memperluas lahan produksi benih hibrida, melakukan kerjasama dengan petani benih hortikultura. “Sekarang, ada sekitar 24 ribu petani telah dibina dan menjadi mitra dalam memproduksi benih unggul,” katanya.

Acara sosialisasi tentang benih itu dilakukan di salah satu hotel Kota Malang. Kegiatan itu juga dihadiri Badan Karantina Pertanian. Lembaga itu mengungkapkan bahwa saat ini modus penyelundupan benih tanaman dari luar negeri sudah semakin beragam dan canggih. Penyelundupan juga memanfaatkan sarana transportasi massal, seperti bandara. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor  : Puspito Hadi

Comments are closed.