Viewed 7 Times

Perubahan di Kaki Bisa Tunjukkan Gejala Penyakit

0

MEDIA MALANG – Kaki bisa dibilang menjadi salah satu anggota tubuh yang kurang mendapatkan perhatian. Padahal kaki memiliki fungsi penting untuk bergerak dan menopang tubuh.

Selain itu, menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, ada beberapa penyakit yang menunjukkan tanda atau gejala di awal lewat perubahan kondisi kaki. Penyakit apa sajakah itu?

1. Masalah ginjal

Saat ginjal mengalami masalah dan tidak berfungsi dengan baik, maka kelebihan cairan dari tubuh akan kesulitan untuk keluar. Hal ini bisa menyebabkan edema di kaki. Rasa sakit yang ditimbulkan menyerupai sengatan listrik.

2. Insufisiensi vena

Insufisiensi vena adalah melemahnya katup vena. Jika kamu menderita kondisi ini, maka gerak darah dari tungkai ke jantung berlangsung dengan susah payah. Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan menyebabkan kaki jadi terasa berat.

3. Lemah jantung

Lemah jantung membuat jantung tidak mampu memompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Bila kamu mengalaminya, maka darah akan terakumulasi di tungkai bawah. Pembengkakan kaki dan nyeri akan terjadi.

4. Trombosis

Pembengkakan yang terjadi di 1 atau 2 kaki bisa menandakan kamu mengalami trombosis vena. Kondisi ini sangatlah serius dan membutuhkan perhatian medis segera.

Trombosis sendiri merupakan pembekuan darah di vena yang membuat organ vital lainnya tak mendapatkan suplai darah yang mencukupi.

5. Masalah lever

Adanya masalah di lever juga bisa membuat kaki membengkak. Sebabnya masalah lever juga akan membuat aliran darah di usus, limpa, dan pankreas menjadi tidak lancar. Akibatnya darah berkumpul di bawah dan membuat kaki bengkak.

6. Masalah tiroid

Merdeka.com – Masalah tiroid seringkali menunjukkan gejala yang tersembunyi seperti bengkak di kaki, kejang otot kaki, atau kaki yang terasa dingin.

7. Atherosclerosis

Kondisi ini membuat kaki sedikit menerima aliran darah dan membuatnya pucat. Atherosclerosis juga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Kebiasaan orang untuk mengabaikannya seringkali menyebabkan komplikasi yang serius.

8. Diabetes

Kaki bengkak adalah gejala yang umum dimiliki oleh penderita diabetes. Biasanya kaki yang bengkak dibarengi dengan kerusakan saraf yang mungkin terjadi.

Tak disangka bahwa kaki pun bisa menunjukkan gejala penyakit serius. Maka, periksalah kakimu. Apakah kamu menemukan keanehan di sana? (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.