Viewed 339 Times

Perekonomian Warga Betek Terangkat Karena Katering

0

MEDIA MALANG – Perekonomian warga Kelurahan Betek, Kecamatan Klojen, Kota Malang, terangkat lewat usaha katering makanan. Usaha ini awalnya dicetuskan lima mahasiswa Universitas Brawijaya saat pengabdian masyarakat.

“Akibat perekonomian rendah, mereka tidak bisa mengangkat dan memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak-anaknya,” kata Dhimas Fuad Hassan, salah seorang mahasiswa peserta pengabdian masyarakat, di Malang, Sabtu, hari ini.

Kegiatan pengabdian masyarakat itu dilakukan lima mahasiswa UB, yaitu Siti Nur Fatimah, Dhimas Fuad Hassan, Sofia Kurniawati, M. Rizky Ariffandi, dan Safaris Lutfi Zakaria.

Dhimas mengatakan, usaha katering dipilih karena dinilai sangat berpotensi untuk dikembangkan. Salah satunya, karena kota ini sebagai kota pendidikan dengan jumlah pelajar dan mahasiswa yang cukup besar.

Dalam program pengabdian masyarakat tersebut, ada sekitar 12 ibu-ibu yang mengikuti program pemberdayaan usaha katering. Mereka secara bergilir diberi jadwal memasak yang sudah dikoordinir tersendiri oleh ibu-ibu PKK di kelurahan tersebut. Mereka juga mempunyai lembaga sendiri yang diberi nama bank ganesha, untuk mengelola usaha tersebut.

“Dari usaha katering yang sudah dilakukan ibu-ibu bisa mendapatkan pegangan uang sebanyak Rp50.000 dan menyisihkan uangnya untuk disimpan di bank ganesha sebanyak Rp1juta,” kata Dhimas.

Siti Nur Fatimah, PKK di desa itu mengatakan bahwa bank ganesha merupakan sistem simpanan yang dibentuk untuk menyisihkan pendapatan dari laba katering. Pemasukan bank diperoleh dari hasil usaha dan diakumulasi sampai akhir semester. Nantinya, uang yang terakumulasi itu didistribusikan untuk pembelian peralatan sekolah dan dalam bentuk uang tunai. Uang tunai tersebut diberikan kepada ibu-ibu yang mengalami kesulitan ekonomi.

“Sistem simpanan berbentuk bank ganesha prinsipnya seperti arisan dan dikoordinir oleh ibu-ibu PKK Desa Betek,” katanya.

Saat ini program pengabdian masyarakat tersebut telah berjalan selama tiga sampai empat bulan dan dalam jangka waktu tiga bulan, Ganesha Katering, nama dari usaha itu sudah menerima order sampai 900 orderan. (*)

Penulis : Dix’s Fibriant

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.