Viewed 177 Times

Perdana di Malang, Pemerintah Uji Coba Bansos Nontunai 26 Juni

0

MEDIA MALANG – Pemerintah berencana melakukan uji coba pemberian bantuan sosial nontunai lewat layanan keuangan digital (LKD) pada 26 Juni 2016. Hal itu ditegaskan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

“Pada 26 Juni kita mau uji coba di Malang yang akan menggunakan voucher,” kata Mensos di Lombok, Sabtu.

Dia menjelaskan uji coba penyaluran bansos secara nontunai tersebut untuk Program Keluarga Harapan (PKH) maupun program subsidi pangan melalui beras sejahtera (rastra).

Lebih lanjut dia mengatakan uji coba juga akan dilaksanakan di 18 provinsi yang terdiri dari 74 kabupaten/kota termasuk Lombok, Banjarmasin dan Palembang, yang menyasar total lebih dari 600 ribu keluarga sangat miskin peserta PKH.

“Agen-agennya sudah diidentifikasi. Jadi ada tiga bank yang sudah selesai di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan sudah MoU dengan Bank Indonesia,” katanya.

Mensos mengatakan penyaluran bantuan sosial dengan format nontunai mengajak warga untuk gemar menabung.

Format dana bansos PKH nontunai selain akan lebih tepat sasaran juga bisa memupus kekhawatiran akan ada upaya pemotongan karena notifikasi ada berada pada chip masing-masing penerima bantuan

Kelebihan lain dari format pencairan dana PKH nontunai adalah warga penerima bisa mengakses tanpa harus mengantre, terlebih jika agen LKD dekat dari rumah para penerima. (*)

Editor    : Puspito Hadi

Sumber : antaranews.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.