Viewed 10 Times

Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Diet

0

MEDIA MALANG –  Selama ini orang kebanyakan berdiet hanya untuk menurunkan berat badan. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis diet tertentu yang bermanfaat untuk menyembuhkan atau mengatasi suatu penyakit?

Ya, diet memang tidak hanya melulu membatasi jumlah kalori suatu makanan. Namun pola makan sehat ini juga mengurangi konsumsi makanan tertentu yang ternyata justru bermanfaat untuk menyembuhkan tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis diet untuk masing-masing jenis penyakit ringan seperti yang dilansir dari healthmeup.com.

Sistem kekebalan tubuh menurun
Saat sistem kekebalan tubuh Anda menurun, maka sistem metabolisme Anda juga ikut menurun. Padahal sistem metabolisme diperlukan untuk memecah nutrisi, mengasimilasi nutrisi, dan mempromosikan anabolisme.

Karbohidrat adalah satu-satunya nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, pilihlah jenis karbohidrat yang baik dan konsumsilah dengan bijak.

Mulut luka
Ketika Anda demam tinggi, diare, atau keracunan makanan maka Anda akan mengalami mulut kering. Mulut kering ini mampu mengakibatkan luka dan rasa sakit ketika menelan. Apabila Anda mengalaminya, perbanyaklah makan sup dan meminum air yang dicampur irisan jeruk lemon. Kedua makanan ini baik untuk menghidrasi tubuh kembali.

Mual
Selain disebabkan karena mabuk darat atau masuk angin. Namun mual juga dapat disebabkan karena Anda mengonsumsi obat-obatan. Ketika Anda mengalaminya, kunyahlah kismis. Tidak hanya dapat memberikan tambahan energi dari zat gula di dalamnya, namun kismis juga kaya akan serat larut yang baik untuk menyehatkan pencernaan.

Kehilangan nafsu makan
Terkadang sakit membuat Anda kehilangan nafsu makan. Selain itu sistem pencernaan akan melambat. Apabila Anda mengalami hal yang sama, makanlah makanan dalam jumlah yang sedikit serta pilihlah menu makanan yang halus dan mudah diserap oleh tubuh.

Kenaikan asam lambung
Sistem pencernaan yang kacau, dehidrasi, serta terjadi ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Hal ini tentu saja sangat menyiksa. Namun Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang lunak seperti bubur. Selain itu, hindarilah makan makanan yang pedas.

Sembelit
Sembelit yang menyiksa dapat Anda sembuhkan dengan diet khusus mengonsumsi buah, sayur, dan gandum. Sebab makanan tersebut kaya akan serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Diet bukan berarti Anda pantang memakan sesuatu. Namun lebih condong dalam hal mengurangi mengonsumsi suatu jenis makanan. Oleh karena itu pola makan sehat ini baik untuk menyembuhkan tubuh Anda dari suatu penyakit. Selamat mencoba!  (*)

Editor  : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.