Viewed 363 Times

Pengunjung Candi Jago dan Singosari Meningkat Drastis

808

MEDIA MALANG – Liburan akhir pekan pada minggu ini banyak dimanfaatkan sebagian  orang untuk berwisata. Jika biasanya, wisatawan memilih berkunjung ke wisata pemandian atau kebun binatang. Namun, kali ini banyak wisatawan yang menyempatkan diri berlibur ke  sejumlah bangunan bersejarah yang tersebar di Kabupaten Malang, seperti Candi Jago di Kecamatan Tumpang dan Candi Singosari, di Kecamatan Singosari.

Juru pelihara Candi Jago, Suryadi  mengatakan pada liburan kali ini, jumlah pengunjung meningkat, dibandingkan bulan- bulan sebelumnya. Untuk hari ini jumlah pengunjung mengalami peningkatan.

“Banyaknya tanggal merah di minggu ini, membawa dampak yang sangat bagus untuk sector wisata. Jumlah wisatawan yang datang menembus sekitar 2000 pengunjung,” ujarnya, saat bersama Media Malang, Sabtu Sore.

Suryadi menambahkan, banyaknya pengunjung yang datang ke Candi Jago, tak terlepas dari bantuan promosi wisata yang ditawarkan serta banyaknya wisatawan yang akan melakukan pendakian ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

“Telah dibukanya pendakian ke Gunung Semeru, juga menjadi salah satu dampak dari kenaikan jumlah pengunjung,” katanya.

Lidya Ayu Prastika (17),salah seorang wisatawan asal Jakarta mengaku bersama rombonganya akan menghabiskan liburannya ke Gunung Bromo. Namun, saat perjalanan menuju ke Gunung Bromo lewat Tumpang, mendapat tawaran melihat Candi Jago dari pihak Travel.”Awalnya, kami ingin langsung ke Gunung Bromo,tetapi karena ditawari pihak travel,akhirnya kami mau. Lumayan bisa menambah pengetahuan tentang candi. Apalagi selama ini yang kita tau hanya candi Borobudur dan Prambanan di Yogyakarta,”pungkasnya.

Sementara itu, lonjakan jumlah wisatawan juga terlihat di Candi Singosari. Jika pada bulan-bulan biasa jumlah wisatawan hanya sekitar 50 orang, maka hingga pertengahan bulan sudah menembus angka 75 orang.

Meski pun, selama kunjung beberapa hari ini, wisatawan yang datang didominasi wisatawan lokal. “Adanya liburan ini membawa dampak yang bagus untuk wisatawan. Pengunjung Cnandi Singosari relatif didominasi pengunjung lokal,” kata Gamari, juru pelihara Candi Singosari.

Penulis : S. Rokhmat Effendi

Editor   : Puspito Hadi.

 

 

Komentar Anda

Komentar

Leave A Reply