Viewed 3 Times

Penggunaan Pil KB Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

0

MEDIA MALANG – Demi mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan agar kualitas keluarga lebih terjamin, maka kamu dan pasanganmu sepakat untuk menggunakan alat kontrasepsi. Dan jenis alat kontrasepsi yang kamu pilih berupa pil KB sebab dianggap lebih aman daripada IUD atau KB suntik.

Namun peneliti dari University of Michigan mengungkapkan bahwa beberapa pil KB yang diresepkan mungkin mengandung hormon estrogen dan progesteron sintetis 4 kali lipat lebih banyak. Kedua hormon ini berperan dalam memicu bertumbuhnya sel kanker payudara. Hasil ini terungkap dari sampel darah wanita yang menggunakan pil KB dan diteliti bahwa kandungan kadar hormon tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

“Empat dari tujuh formulasi yang diuji ditemukan bisa melipatgandakan kadar progestin, versi sintetis hormon progesteron. Formulasi ini juga menghasilkan paparan etinil estradiol 40% lebih tinggi,” ungkap Beverly Strassmann, penulis penelitian ini.

“Keberadaan pil KB memang bisa menolong wanita untuk mengontrol kehamilan. Namun, efek buruknya pun wajib diwaspadai.” (*)

EditorĀ  : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.