Viewed 3 Times

Pemkot Malang Adakan “Glass Painting” Munculkan Wirausahawan Baru

0

MEDIA MALANG – Pemerintah Kota Malang, mengadakan program “Glass Painting” sebagai bagian memunculkan wirausahawan baru di kota ini. Kegiatan ini melibatkan para buruh pabrik yang masih aktif bekerja, yakni buruh pabrik rokok.

“Kami ingin memunculkan wirausaha baru dengan melibatkan buruh pabrik yang masih aktif. Nantinya jika mereka di PHK, sudah memiliki keterampilan baru yang dapat dijadikan modal untuk membuka usaha sendiri” kata Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemkot Malang Martha MRL Tobing pada wartawan, Senin (23/10).

Kegiatan tersebut mengambil fokus pelatihan Glass Painting. Membuat kerajinan ini mudah dan banyak diminati. Pesertanya juga dari buruh pabrik rokok, sebab anggaran yang dimanfaatkan mengambil dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau tahun anggaran 2017.

“Dipilihnya glass painting dan olahan makanan karena kegiatan tersebut tidaklah ribet dilakukan serta kedua kegiatan tersebut masih sangat diminati oleh para buruh,” katanya.

Kegiatan pelatihan Glass Painting tersebut diikuti oleh 50 orang peserta. Mereka mendapatkan berbagai teknik membuat kerajinan ini, termasuk tips untuk memasarkannya. Mereka juga praktik langsung, sehingga bisa mengetahui teknik awal membuat kerajinan ini.

Selain itu, dalam kegiatan ini sekaligus juga terdapat sertifikasi maupun uji kompetensi untuk olah makanan bagi usaha mikro, yang diikuti oleh 60 orang peserta.

Martha menegaskan, pemerintah kota sengaja fokus menciptakan wirausaha baru dengan harapan mereka tetap bisa berkarya, kendati tidak lagi bekerja di pabrik. Kota Malang dikenal sebagai kota tujuan wisata, sehingga dengan semakin kreatif, pilihan oleh-oleh untuk wisatawan juga semakin beragam.

Bahkan, pemkot juga ingin agar UMKM di Kota Malang ini semakin maju dengan program UKM naik kelas, yaitu program untuk meningkatkan serta memajukan kualitas UKM yang ada di Kota Malang agar dapat memasarkan produknya sampai ke tingkat nasional bahkan internasional.

“Kami menginginkan agar usaha mikro di Kota Malang ini semakin meningkat melalui program UKM Naik Kelas,” pungkas dia. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

EditorĀ  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.