Pemkot Batu Kucurkan Dana Hibah Lansia

0

MEDIA MALANG – Pemerintah Kota Batu akan memberikan bantuan terhadap 189 lansia yang tersebar di Kota Batu. Masing – masing lansia akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 350 ribu per bulan.

“Bantuan dana ke lansia akan diberikan selama satu tahun,” Ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu,Eko Yuliarno, Senin siang tadi.

Menurut Eko, dana bantuan itu diberikan kepada para lansia yang berusia 70 tahun, tidak berkeluarga, dan tidak dapat menghidupi dirinya sendiri dengan layak. Dana yang diberikan merupakan hibah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dari sekitar 2 ribu lebih lansia yang ada di Kota Batu, ada 189 yang masuk dalam kriteria lansia terlantar dan berhak menerima bantuan. Mereka adalah lansia terlantar yang direkomendasikan oleh desa setempat,” katanya.

Dia menjelaskan pemberian dana hibah ini sudah diatur dalam Surat Keputusan Walikota Batu, sehingga bantuan ini harus benar-benar dialokasikan khusus untuk lansia. Namun, untuk bisa mendapatkan dana hibah tersebut calon penerima dana hibah wajib memenuhi persyaratan yang dikeluarkan dinas sosial.

”Mereka harus menyertakan surat keterangan tidak mampu dari desa dan dua lembar materai. Sedangkan, jika penerima bantuan meninggal dunia, bantuan dihentikan,” tegasnya.

 

Penulis : Galuh Pandu Larasati

Editor : Puspito Hadi

 

Comments are closed.