Viewed 7 Times

PDAM Manfaatkan Sumber Air Baru di Wisata Pemandian Metro

0

MEDIA MALANG – Perusaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang, memanfaatkan sumber air baru di wisata pemandian metro, tepatnya di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Debit air di sumber itu cukup besar, hingga 15-20 liter per detik, bisa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di daerah tersebut.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi mengemukakan saat ini perusahaannya menyiapkan rencana untuk pengelolaan sumber mata air itu, salah satunya membuat bak penampung. Sumber itu termasuk baru, sehingga belum sepenuhnya dikelola dengan baik.

“Debit airnya hingga 15-20 liter per detik. Dengan sumber air baru tersebut, PDAM akan membuat bak penangkap air. Sumber air baru di metro itu, akan kami optimalkan untuk pelayanan PDAM di wilayah Kecamatan Kepanjen. Saat ini, sumber itu masih dalam penggalian,” katanya pada wartawan, Kamis (5/10).

Ia mengatkan, jumlah sumber mata air di Kabupaten Malang sebanyak 800 yang tersebar di berbagai tempat. Dari ratusan sumber itu, yang dikelola PDAM masih sebanyak 51 sumber di 25 kecamatan.

Selama ini, pendistribusian air bersih pada masyarakat di Kecamatan Kepanjen, Ngajum, dan Pakisaji diambilkan dari sumber air ubalan, yang berada di Desa Maguan, Kecamatan Ngajum. Sedangkan sumber air ubalan yang didistribusikan ke pelanggan hanya 100 liter per detik.

Jumlah pelanggan PDAM hingga Oktober 2017 mencapai 122 sambungan rumah (SR). PDAM menargetkan hingga akhir Desember 2017 bisa menggaet hingga 9 ribu pelanggan baru. Untuk itu, saat ini PDAM juga intensif mencari sumber air baru. Sedangkan, untuk pendapatan dari pembayaran rekening air hingga kini sudah mencapai Rp.6,5 miliar per bulan.

Lebih lanjut, ia mengatakan PDAM juga akan mengembangkan kantor unit pelayanan. Saat ini jumlah kantor unit masih 26 kantor unit, yang tersebar di 25 kecamatan. Jumlah kecamatan di Kabupaten Malang mencapai 33, sehingga nantinya ada beberapa kecamatan dengan dua kantor unit pelayanan.

Ia berharap, dengan sumber air baru tersebut, jumlah pelanggan juga akan semakin bertambah, sehingga pendapatan PDAM juga semakin meningkat. Dengan itu pula, ke depan pendapatan daerah di Kabupaten Malang, dari PDAM juga semakin tinggi. (*)

Penulis : Cahyono

EditorĀ  : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.