Pasar Buku Wilis Jujukan Pelajar dan Kolektor Buku

796

MEDIA MALANG- Pasar buku Wilis, tempat dimana ribuan jenis buku bisa didapatkan. Mulai dari buku pendidikan, pengetahuan umum, majalah sampai komik.

Kesemuanya, bukan hanya terbitan baru. Di pasar berdiri di Jalan Simpang Wilis, itu juga menyediakan buku bekas.

Tak ayal, pasar ini setiap hari dikerumuni pengunjung, baik dari pelajar, mahasiswa hingga kolektor buku.

“Iya banyak jenis buku. Begitu juga yang mencari,” ucap Sunardi pemilik salah satu bedak di Pasar Wilis bersama Media Malang, siang tadi.

Sunardi sudah sepuluh tahun mengelola bedak dengan menjual beraneka macam buku. Pria paruh baya ini juga melayani penjualan buku, khususnya buku bekas.

“Kami belinya borongan, untuk buku bekas. Terutama buku pendidikan anak-anak SD sampai SMU,” jelasnya.

Pasar Wilis merupakan relokasi dari para pedagang menjajakan buku di Jalan Majapahit dan kawasan Stasiun Besar Malang.

Keberadaannya sudah hampir sepuluh tahun dan memiliki sebanyak 68 bedak, seluruh dihuni pedagang buku bekas dan baru.

Sunardi menyebut, sesuai dengan jenis bukunya. Dirinya menjual dengan harga variatif mulai dari Rp 5 ribu sampai ratusan ribu.

“Ini paling mahal kamus bahasa mandarin. Karena juga tebal, jarang yang ada jenis seperti ini,” ujar Sunardi seraya menunjuk kamus tersebut.

Dari sekian banyak koleksi bukunya. Bagi Sunardi belumlah lengkap. Sebab, banyak buku langka tak dimiliki, bahkan oleh seluruh pedagang Pasar Wilis.

“Seperti dibawah bendera revolusi, buku-buku karangan Ronggowarsito sangat langka. Kami tidak punya itu,” ungkap dia. Meski demikian, mayoritas pencari buku di Pasar Wilis, hanya memburu buku pendidikan.

Seperti Dinda mahasiswi sebuah perguruan swasta di Kota Malang ini tengah sibuk mencari buku manajemen ekonomi.

“Disini harganya agak murah, mungkin karena sudah bekas,” katanya terpisah.

Keberadaan Pasar Wilis menjadi koleksi ikon wisata Kota Malang. Predikat kota pendidikan mendukung pasar menjajakan ribuan jenis buku ini.

Bagi penghobi buku khususnya buku murah dan bekas, Pasar Wilis menjadi tujuannya. Lokasi Pasar Wilis sangat representatif. Mudah terjangkau oleh siapapun tengah berada di Kota Malang.

Jadi, setiap harinya pasar ini padat oleh hiruk pikuk pemburu buku dan masyarakat umum lainnya.

Namun, apakah semua jenis buku di Pasar Wilis asli?. Itulah menjadi problem selama ini. Perburuan buku cukup tinggi, bisa saja dimanfaatkan segilintir oknum membajak jenis buku yang laris dibeli.

Sunardi salah satu pedagang enggan berkomentar terkait praktek tersebut. Baginya, semua koleksi yang dimiliki adalah asli. “Semua asli mas, kalau ada yang palsu, siapa yang tahu. Yang penting saya tak menjualnya,” kata dia.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan keberadaan pasar buku Wilis di Kota Malang ini, selayaknya pasar buku Wilis merupakan sarana yang patut dijadikan alternatif berburu buku murah, terutama bagi para kutu buku atau penggila baca.

 

Penulis : Putra Ismail
Editor : Laily Noor Hidayah

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.