Pansel KPK Anulir Pendaftar Capim KPK Berusia Muda

0

MEDIA MALANG – Tim panitia seleksi (Pansel) KPK menganulir ratusan calon pimpinan (Capim) KPK berusia muda atau berusia 40 tahunan. Selain terkendala pendidikan yang ditempuh, para pendaftar capim KPK secara administratif juga dinilai belum mumpuni menjadi pimpinan KPK.

“ Dari awal seleksi yang masuk, banyak pendaftar yang berusia 40 – 45 tahunan dengan berbagai macam latar belakang pendidikan mulai dari ekonomi sampai hukum yang mendaftar capim KPK. Tapi pansel menilai mereka belum cocok untuk jadi pimpinan KPK,” ungkap Ketua Pansel KPK Desri Damayanti, dalam Diskusi Mencari Sosok Ideal Pimpinan KPK Masa Depan, di Hotel Regents, Kota Malang, Jum’at sore.

Menurut Desri, capim KPK yang dianulir tersebut tidak layak menjadi pimpinan KPK, selain karena pendidikan yang ditempuh para pendaftar tidak sesuai dengan harapan tim Pansel KPK, usianya juga tergolong masih muda.”Klo pimpinan KPK usia 40 – 45 tahun tidak bisa maksimal, biasanya masih banyak urusan pribadi yang belum diselesaikan. Akan tetapi bukan berarti mereka tidak bisa memimpin,” urainya.

Dia menjelaskan usia yang layak untuk menjadi pimpinan KPK yakni usia 50 tahun ke atas.”Usia 50 biasanya sudah selesai dengan urusan pribadinya sehingga bisa benar-benar fokus mengurusi pemberantasan korupsi,” jelasnya.

Desri mengungkapkan, mulai awal pendaftaran capim KPK dibuka sampai Jum’at sore sudah terdata 170 pendaftar yang masuk seleksi KPK.”Untuk sementara ada 10 orang perempuan yang dianggap layak mengikuti tes capim KPK,” katanya.

Jika mereka lolos seleksi administrasi, mereka akan diminta untuk membuat makalah tentang pengetahuannya terhadap KPK dan bagaimana cara pemberantasan korupsi yang akan dilakukannya. Selanjutnya “Capim KPK akan menjalani Assessment. Jika kembali lolos mereka akan menjalini tes berikutnya Pansel KPK menyerahkan hasilnya ke DPR,” tegasnya.

Rencananya, dalam waktu dekat Pansel KPK akan mengumumkan nama- nama calon pimpinan KPK yang masuk dalam seleksi tim pansel. Nama- naam itu akan diumumkan secara terbuka, sehingga bisa mendapat tanggapan dari masyarakat.

“Dalam waktu dekat, pansel kpk akan meneyebarkan nama-nama calon pimpinan yang lolos seleksi administrasi.Pengumuman nama-nama ini diharapkan bisa mendapat tanggapan dari masyarakat, organisasi kemasyarakatan serta seluruh stake holder,”tutupnya.

Penulis : Dix’s Fibriant

Editor   : Putra Ismail

 

Comments are closed.