Panglima Harapkan Perguruan Tinggi Kembangkan Riset Alutsista

0

MEDIA MALANG – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap agar perguruan tinggi mengadakan riset yang nantinya bisa diterapkan dalam industri pertahanan. Hal itu dikatakan saat menghadiri wisuda Ke-87 Periode I Tahun 2018 di Universitas Muhammadiyahh (UMM) Malang,  Sabtu (24/2).

Panglima mengungkapkan industri pertahanan dalam negeri harus terus ditingkatkan, terutama teknologi modern yang berkualitas. Hal itu sekaligus mendukung alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI.

“Teknologi militer yang dibutuhkan harus sesuai konsep operasi militer modern yang mengintegrasikan seluruh komponen militer ke dalam suatu teknologi Network Centric Warfare (NCW) yang menguntungkan dalam operasi tempur,” katanya di Malang.

Menurut dia, industri pertahanan dalam negeri tidak bisa terlepas dari peran akademisi. Mereka bisa melakukan riset demi pengembangan kemajuan alutsista.

Terlebih lagi, ancaman terus bermunculan secara global, seperti siber, biologi hingga kesenjangan, sehingga dengan hal tersebut, Indonesia membutuhkan peralatan modifikasi yang diharapkan dapat hadir dari tangan para mahasiswa dan akademisi.

“Saya berharap lulusan UMM dan perguruan tinggi lainnya nantinya juga berkontribusi dalam pembangunan industri pertahanan di Tanah Air,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, TNI selalu sinergi dengan seluruh elemen baik dari polri, bea cukai, hingga BNN untuk menangani darurat narkoba. Banyak oknum yang tidak bertanggungjawab berupaya menyelundupkan obat terlarang itu masuk ke Indonesia dengan berbagai cara.

TNI juga terlibat aktif dalam upaya penggagalan penyelundupan narkoba ke Indonesia. Yang terakhir, upaya penyelundupan narkoba seberat 1,6 ton.

“Kami terus berkoordinasi dan membangun sinergitas untuk menangani dan menangkal penyelundupan narkoba ke Indonesia,” beber dia.

Kegiata wisuda tersebut diikuti 1.121 lulusan, yang terdiri dari 26 lulusan Diploma 3, 1.015 lulusan Sarjana Strata I, 73 lulusan Sarjana Strata 2, 7 lulusan Doktor Strata 3, dan 3 lulusan Program Profesi. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.