Viewed 434 Times

Pakar : Banyak Angkutan Tak Laik Jalan

1372

MEDIA MALANG– Tidak dipungkiri angkutan umum yang beroperasi di jalanan Kota Malang cukup banyak jumlahnya. Meskipun banyak dari armada yang beroperasi dinilai tak laik jalan.

Pengamat Transportasi dari Universitas Brawijaya Malang Prof. Dr. Harnen Sulistyo menuturkan, upaya reformasi transportasi publik di Kota Malang belum dapat berjalan sukses, ketika armada angkutan umum yang beroperasi dibiarkan tanpa pengawasan ketat.

Dia memandang Uji Kelaikan Kendaraan (KIR) belum dijalankan secara tegas.

“Karena bisa dikatakan armada yang beroperasi sudah tidak laik jalan. Hal ini dimungkinkan dengan belum maksimalnya uji KIR,” katanya kepada Media Malang.

Dia juga mempertanyakan kualitas uji KIR, bagaimana bisa kendaraan kurang laik jalan bisa beroperasi.

Semestinya dinas terkait memperketat selama proses uji, sehingga tidak semuanya kendaraan bisa lolos apabila tidak memenuhi syarat.

“Harus lebih ketat supaya angkutan umum tetap di posisi yang berkualitas dan tidak di tinggalkan masyarakat,” ungkapnya.

Anggota Forum Lalu Lintas Jawa Timur ini menegaskan, jika uji KIR merupakan pintu masuk dan sangat menentukan laik dan tidaknya sebuah kendaraan untuk beroperasi.

“Bayangkan jika kendaraan yang lolos adalah ternyata dia punya kualitas yang buruk. Dan itu membahayakan orang lain,” tegasnya.

Yang lebih mengkhawatirkan, lanjut dia, buruknya sarana transportasi ini akan memicu keinginan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi. Setelah mereka mengetahui jika angkutan umum yang beroperasi tidak laik jalan.

“Kalau itu dilakukan secara cermat dan sesuai prosedur, bukan asal asalan akan bisa menekan terjadinya kasus kecelakaan. Tak hanya itu, kelaikan alat transportasi juga dapat menekan pertumbuhan kendaraan pribadi dan pastinya mengurangi kemacetan,” sambungnya.

 

Penulis : Camaraderry Difa Pradana
Editor : Putra Ismail

Komentar Anda

Komentar

Leave A Reply