Oknum Guru Diduga Gelapkan Dana BSM

766

Media Malang- Oknum guru SMPN 1 Ngantang diduga memanipulasi Dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dengan mengalihkan dana kepada koperasi sekolah.

Dalam prakteknya oknum tersebut, meminta siswa penerima BSM mencairkan dana bantuan dan memintanya kembali.

Oknum guru itu memanfaatkan BRI keliling tengah berada di sekitar sekolah. Setiap siswa memiliki hak sebesar Rp 750 ribu. “Tetapi ketika siswa akan membutuhkan peralatan sekolah, tetap harus beli. Padahal, uang BSM sudah dimasukkan kepada koperasi sekolah,” kata sumber mediamalang.com enggan disebutkan namanya ini.

Kabar penggelapan dana BSM ini dibantah Kasek SMP Negeri 1 Ngantang Durianto, dia mengaku penyaluran langsung kepada siswa yang menerima hak.

Dia berdalih pengalihan ini untuk memudahkan pengawasan lembaganya terhadap peserta didiknya dalam menggunakan uang tersebut sesuai dengan kebutuhan.

“Tahun kemarin kurang lebih 100 siswa yang menerima dana tersebut. Sementara untuk tahun ini kurang lebih 28 siswa penerima dana BSM,” jelasnya dikonfirmasi terpisah.

Durianto menambahkan, dana BSM tahun ini masih belum dapat dicairkan, karena menunggu distribusi Kartu Indonesia Pintar.

Diungkapkan, pengalihan dana tersebut selain memudahkan pengawasan terhadap siswa dalam menggunakan dana BSM tersebut agar tepat sasaran. Juga meminimalisir penyalahgunaan, sebab pihaknya pernah kecolongan salah satu siswanya mencairkandana sebesar Rp 200.000 dipergunakan membeli pulsa bukan untuk membeli kebutuhan sekolah.

“Pasca peristiwa tersebut semua penerima BSM dan wali murid, kami kumpulkan untuk diberi arahan mekanisme pencairan diatas Rp 100 ribu harus sepengetahuan wali murid dan di tandatangani wali kelas siswa masing masing,” ungkap Durianto.


 

Penulis : Putra Ismail
Editor : Laily Noor Hidayah

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.