OJK Kucurkan Modal Kredit dan Asuransi Bagi Nelayan Sendangbiru

768

Media Malang – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengajak industri keuangan memberikan suntikan dana kredit dan jaminan asuransi bagi nelayan Pantai Sendangbiru Kabupaten Malang.Pemberian dana kredit tersebut sebagai upaya untuk mendukung program pemberdayaan industri perikanan para nelayan yang selama ini sudah berjalan.

Deputi Komisioner Manajemen Strategis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lucky Hadibrata mengatakan, industri perikanan di Pantai Sendangbiru memiliki potensi luar biasa, apabila didukung dengan pendanaan yang kuat.

“Nelayan harus diberikan perhatian berupa jaminan asuransi baik itu untuk menyokong kebutuhan seharinya maupun keselamatan jiwa saat melaut.,” katanya kepada Wartawan.

Menurut Lucky, sokongan dana dari lembaga keuangan nanti, bisa digunakan nelayan untuk mengganti kapal atau membantu dana operasionalnya. Tak berhenti disitu, pendanaan juga bisa membantu nelayan untuk mengembangkan industri perikanan setempat. Karena itu, pihaknya akan mengajak lembaga keuangan agar ikut berperan dalam memberikan suntikan dana bagi nelayan.

Sementara Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo menyatakan mendukung upaya yang akan dilakukan OJK terhadap nelayan. Menurut Andreas dunia maritim Indonesia merupakan aset yang harus diseriusi penggarapannya. Karena, besarnya peluang banyak menarik perhatian nelayan luar negeri. “Jika tidak potensi, mengapa nelayan asing masuk kesini. Menurut kami harus segera dibuat konsep bagaimana menyokong pendanaan nelayan untuk mengembangkan industri perikanan nasional. Lembaga keuangan dan OJK memiliki peran besar disitu,” jelasnya terpisah.

Ia berharap, lembaga penjaminan seperti asuransi harus menjadi pengawal bagi nelayan ketika menerima kucuran dana dari perbankan. Karena selama ini perbankan masih membutuhkan sebuah jaminan ketika mengucurkan dananya untuk mengantisipasi sebuah resiko.

“Asuransi sebagai penjamin ikut berperan untuk memberikan kepercayaan perbankan mengulurkan dananya kepada nelayan. Jika ini berjalan maka industri perikanan Sendangbiru bisa ditingkatkan,” tuturnya.

Dia mengaku, pola pengukuran dana oleh perbankan sudah dijalankan di wilayah Indramayu, Jawa Barat. Yang mana nantinya diharapkan bisa diaplikasikan di wilayah Sendangbiru. “Sementara ini ada konsep yang sudah berjalan di Jawa Barat. Mungkin itu bisa diadopsi di Sendangbiru,” tutup politisi dari PDIP ini.

 


 

Penulis : Rajendra Aska Sulaiman

 

Editor  : Puspito Hadi

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.