Obral Tiket Gratis, Dewanti-Masrifah Dilaporkan ke Panwaslu

0

MEDIA MALANG – Ribuan warga Kabupaten Malang, ramai berkunjung ke wisata Jatim Park II di Kota Batu. Mereka memanfaatkan tiket gratis yang diobral saat kampanye calon Bupati dan calon Wakil Bupati Malang nomor urut dua, Dewanti-Masrifah.

Namun, pemberian tiket gratis ke warga Kabupaten Malang, pekan lalu berujung panjang. Dituding melakukan pelanggaran kampanye dengan mengobral tiket secara gratis ke Jatim Park II, pasangan ini dilaporkan oleh Jaringan Masyarakat Pengawas (Jamas) Malang Raya ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Malang.

Ketua Presidium Jamas Ziaulhaq mengemukakan telah melakukan investigasi khusus terkait dengan kejadian itu. Investigasi juga berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015, dimana terjadi dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan calon nomor urut dua, Dewanti-Masrifah dengan memfasilitasi calon pemilih untuk datang secara gratis ke Jatim Park II.

“Setelah kami investigasi ada dugaan cukup kuat, dimana masyarakat Kabupaten Malang difasilitasi oleh tim pemenangan terkait untuk masuk Jatim Park II secara gratis,” ujarnya kepada wartawan, Selasa siang.

Ia menegaskan, dalam aturan ditegaskan pasangan calon dilarang memberikan sesuatu, termasuk memberikan fasilitas yang bersifat materi. Ia sengaja melapor ke Panwaslu, agar masalah ini segera diproses. Dalam aturan juga tegas, jika melanggar sanksinya cukup berat, sampai dicoret.

“Jika pelanggaran pidana sanksinya bisa dicoret. Panwas harus tegas hal ini,” tegasnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Kabupaten Malang George da Silva mengatakan masih memproses laporan dugaan pelanggaran tersebut, setelah itu akan diplenokan. Ia juga mengatakan, Panwaslu juga akan memanggil pasangan maupun tim sukses terkait, guna dimintai keterangan. “Setiap laporan yang masuk kami plenokan dulu, setelah itu keputusan dapat diambil,” katanya. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.