Nama Mukidi Jadi Viral dan Heboh di Medsos, Ternyata Ini Penciptanya

0

MEDIA MALANG – Nama Mukidi mendadak heboh di perbincangan media sosial. Terutama di grup WhatsApp. Bisa jadi Anda juga menjadi “korban”. Ternyata, nama yang jadi viral itu diambil dari salah satu adegan dalam film Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro). Penciptanya, seorang pensiunan product manager perusahaan farmasi bernama Soetantyo Moechlas.

’’Iseng saja pakai nama itu. Saya inget kata-kata yang diucapkan Dono (Warkop), Mukidi,’’ kata Soetantyo saat dihubungi Jawa Pos, kemarin (26/8).

Penciptaan karakter Mukidi sebenarnya sudah lama, sekitar 90-an. Saat itu Pak Yoyo, sapaan Soetantyo, sering mengirim cerita lucu ke program Ida Krisna Show di radio Prambors.

Ketika mengirim banyolan di Prambors, Pak Yoyo sudah menggunakan nama Mukidi untuk karakter banyolannya. Mukidi dikisahkan berasal dari Cilacap.

Sementara itu, dilansir dari bintang.com, kisah humor yang mengisahkan kehidupan sehari-hari Mukidi, bersumber dari blog https://ceritamukidi.wordpress.com dengan akun Twitter @CeritaMukidi. Berbagai artikel lucu tentang Mukidi mulai di posting sejak Agustus 2012 oleh sang penulis.

Dan inilah sosok di balik Cerita Mukidi. Ia bernama Soetantyo Moechlas, warga Banyumas, Jawa Tengah. Humor-humor soal Mukidi awalnya digunakan pria yang akrab disapa Yoyok itu sebagai materi penyegaran dalam presentasi.

“Saya itu product manager, jadi saya sering presentasi pakai humor itu supaya tidak tegang,” kata Yoyok seperti dilansir dari Liputan6.com.

Ditanya mengapa menggunakan nama Mukidi, Yoyok mengaku nama Mukidi sangat mudah diingat. “Ini tak ubahnya nama Kabayan, Wakijan, Samijan dan sebagainya. Nama-nama yang menyimbolkan rakyat kecil dan mudah diingat,” ujarnya.

Yoyok memastikan jika sosok Mukidi bukanlah penggambaran dirinya, juga bukan tokoh di dunia nyata yang menyiratkan satu orang. Mukidi adalah Mukidi, tokoh fiksi rekaannya.

Kadang Mukidi digambarkan sang penulis sebagai orang Jakarta, kadang orang Jawa, kadang orang Madura. Mukidi juga kadang diceritakan berasal dari Cilacap. Memiliki tipikal orang yang biasa saja, tidak terlalu alim, mudah akrab dengan siapa saja.

Mukidi memiliki istri bernama Markonah dengan dua anak, yaitu Mukirin dan Mukiran yang masih duduk di bangku SD. Sahabatnya adalah Wakijan.(*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : jawapos.com, bintang.com

Comments are closed.