Menteri Koperasi Dorong UMKM Berkembang

0

MEDIA MALANG – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mendorong UMKM di Kota Malang semakin berkembang.

“Potensi dan peranan UKM cukup besar dalam menumbuhkan ekonomi daerah,” katanya dalam acara “Malang City Expo” di stadion luar Gajayana Kota Malang, Kamis hari ini.

Ia mengapresiasi kegiatan “Malang City Expo” ini. Acara ini bisa menjadi media bagi pelaku UMKM untuk menampilkan beragma produk mereka.

“Dalam mengembangkan UKM, kami juga saling sinergi dengan kementerian lain,” ujarnya.

Ia juga sangat mendukung adanya kampung tematik di Kota Malang. Dengan itu, UMKM pun bisa berkembang, karena mereka juga bisa menampilkan maupun memasarkan beragam produknya di tempat tersebut.

Sementara itu Walikota Malang Moch Anton mengatakan pertumbuhan ekonomi di Kota Malang saat ini telah mencapai 5,61 persen, yang berarti di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, yang sebesar 5,5 persen.

Ia menyebut, dengan kondisi tersebut Kota Malang mampu memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi pada skala regional Jatim maupun skala nasional.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Malang yang cukup tinggi sebagian besar disumbang oleh sektor industri dan perdagangan,” kata Walikota.

Ia menambahkan, pemerintah kota berkomitmen penuh untuk mengebangkan sektor industri dan perdagangan. Pemkot memberikan kemudahan perizinan usaha, dengan harapan semakin meningkatkan investasi.

Kegiatan ini juga memeriahkan HUT ke-103 Kota Malang. Dalam acara itu, diikuti beragam stand pameran dari berbagai daerah, dengan produk unggulan masing-masing daerah. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Comments are closed.