Menteri Khofifah Pastikan Raskin Selama Puasa dan Lebaran Aman

1020

MEDIA MALANG – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan stok beras untuk warga miskin (Raskin) pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri aman hingga September 2015. Khofifah meminta masyarakat tidak perlu kuatir terkait ketersediaan raskin selama bulan puasa dan lebaran.

“Stok raskin aman saat memasuki Ramadhan dan Idul Fitri sampai September mendatang,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat membuka Kemah Kebangsaan dan National Character Building, di Wana Wisata Coban Rondo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (19/5) malam.

Menurut Khofifah kepastian ini ada, karena Badan Urusan Logistik (Bulog) terus melakukan pembelian padi untuk menyediakan beras raskin. “Kami bersama dirjen, baru rapat koordinasi terkait kesediaan raskin, dan sampai saat ini beras rakyat masih dibeli terus oleh Bulog,” jelasnya.

Dia menambahkan, sejalan dengan distribusi raskin, pihaknya meminta seluruh kepala daerah untuk segera mengirim Surat Perintah Alokasi (SPA) kepada divisi regional (divre) dan subdivre Bulog setempat agar beras bisa keluar. “Tanpa SPA divisi regional dan sub divre Bulog tidak bisa mengeluarkan beras,” tegasnya.

Khofifah berharap, pendistribusian raskin bisa selesai pada Juni dan Juli mendatang.” Sesuai perhitungan, dalam 3 bulan ini beras bulog akan selesai dan akan ada beras baru yang diserap dari produk panen raya mulai Maret hingga Juli mendatang,” paparnya.

Kata Khofifah, Setiap bulan sebanyak 15,5 juta keluarga rumah tangga sasaran penerima manfaaat (RTS-PM) akan mendapatkan beras miskin. Mereka berhak mendapatkan beras sebanyak 15 kilogram dengan harga sangat murah,yakni Rp.1600 per kilogram.

“Masing-masing keluarga akan mendapatkan beras sebanyak 15 kilogram,dengan kualitas raskin lebih baik dari sebelumnya. Sehingga, masyarakat tidak perlu kuatir dengan raskin yang selama ini sering dinilai sangat buruk,” pungkasnya.

Penulis : Sulis Pratama

Editor   : Puspito Hadi

 

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.