Viewed 73 Times

Menteri Anies Ajak Siswa SMK Tingkatkan Skill untuk Kebutuhan Kerja

0

MEDIA MALANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengajak siswa SMK untuk meningkatkan skill atau kemampuan sebagai salah satu bekal untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja.

“Kami ingin setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja,” katanya dalam pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-24 2016 di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin hari ini.

Selain itu, Menteri Anies juga mengingatkan sekolah melakukan pengawasan pada anak didiknya. Pihaknya pun akan memberikan sanksi keras pada sekolah jika menemukan adanya tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah. Ancaman itu diberikan sebagai upaya untuk mencegah peristiwa kekerasan anak yang akhir-akhir ini terjadi. “Pengawasan juga harus dilakukan guru,” katanya.

Kegiatan LKS tersebut diikuti oleh 1.152 siswa siswi SMK terbaik di Indonesia. Mereka sebelumya telah melewati seleksi tingkat provinsi. Tema acara pada lomba kali ini adalah “pengembangan kompetensi siswa beserta ekosistem SMK dalam pembentukan akhlak, sikap dan karakter”.

LKS merupakan ajang bergengsi pembuktian kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap penyerapan dan pengaplikasian pembelajaran di sekolah. Acara ini digelar pada 23 – 27 Mei 2016.

Dalam LKS kali ini terdapat 52 bidang lomba yang dikompetisikan. Dalam acara ini, nantinya akan dipilih yang terbaik. Para pemenang akan dibina dan dilatih khusus untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia “World skill competition” sebagai wakil dari Indonesia di Abu Dhabi pada 2017.

Acara ini juga dikemas berbeda dengan kegiatan sebelumnya, salah satunya diadakan program keluarga sebangsa, yang bermakna bahwa selama berada di Kota Malang, anak-anak peserta lomba yang berasal dari seluruh Indonesia, akan menginap di rumah-rumah warga di Malang.

“Hal ini penting untuk membangun kesadaran mereka, bahwa Indonesia itu memang beragam” ujar Anies.

Selain dihadiri Menteri Baswedan, acara ini juga dihadiri muspida Kota Malang, serta sejumlah tamu undangan lainnya. Sejumlah pelajar juga melakukan atraksi tari-tarian tradisional yang diperagakan dengan kompak. Selain tarian, juga terdapat orkestra dari SMK Gresik dengan lagu Viva Forever yang pernah dipopulerkan oleh Spice Girls dan lagu Ekspresi milik Titi Dj. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.