Viewed 8 Times

Menkominfo Janjikan Seluruh Kota di Indonesia Tersedia Jaringan Internet

0

MEDIA MALANG – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjanjikan seluruh kota di Indonesia akan tersedia jaringan internet dengan kecepatan tinggi yang ditargetkan terealisasi 2019.

“Kami inginkan jangan sampai internet di berbagai daerah Indonesia lemot. Jadi, targetnya pada 2019 seluruh ibu kota daera akan tekoneksi dengan internet kecepatan tinggi,” katanya pada wartawan saat menghadiri wisuda Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu hari ini.

Menkominfo mengemukakan saat ini kecepatan jaringan internet di berbagai daerah berbeda-beda, bahkan ada juga daerah yang belum terkoneksi.

Ia mencontohkan, di Jawa, kecepatan jaringan internet antara 3 MB hingga 4 MB per detik, sehingga bisa mengunduh halaman 4A secara cepat, namun di daerah lain belum sama, misalnya di Papua yang hanya 300 KB.

Rudiantara menyebut, pemerintah berinisiatif menciptakan sebuah “Tol informasi” lewat proyek Palapa Ring, melalui akses informasi berkecepatan tinggi dan relatif setara di seluruh wilayah NKRI. Di Indonesia, ada 500 lebih daerah.

Untuk proyek ini, terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi dan Maluku. Nantinya akan dihubungkan dengan sistem tersendiri.

Proyek Palapa Ring ini akan membangun akses pitalebar internet cepat di 57 kabupaten/kota yang belum mempunyai akses tersebut. Selain itu, jaringan ini juga mengoneksikan 28 kabupaten/kota lainnya.

Rudiantara menegaskan, jika proyek itu bisa terealisasi pada 2019, seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati akses internet tersebut.

“Nanti seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai ke Rote, akan bisa menikmati layanan akses internet cepat. Kita juga tidak kalah dengan jawara infrastruktur internet lain seperti Singapura,” pungkasnya. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor   : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.