Viewed 278 Times

Menikmati Soto “NDOLI” Soto Kambing Bendo Pinggir Kali

0

MEDIA MALANG – Anda penikmat Soto ? Jika umumnya soto dimasak dengan daging Ayam atau daging Sapi, pada akhir pekan kali ini, Tim Traveller Media Malang, Sulis Pratama akan mengajak anda makan Soto Kambing “Ndoli” alias soto bendo pinggir kali, yang letaknya ada di pinggir kali Brantas Kota Wisata Batu.

Soto Kambing “Ndoli” yang di olah Pak Doel Kholim (60) warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini terkenal rasanya luar biasa, mulai dari citarasa, aroma, warna dan rempah-rempah yang dicampur di dalam olahan soto, terasa sedap menggigit lidah. Dan uniknya, Soto Kambing ini dimasak bukan menggunakan kompor gas atau kompor minyak tanah pada umumnya, tapi menggunakan tungku yang berbahan bakar kayu. Soto Pak Dhoel Kholim inipun juga merupakan salah satu soto legendaris yang ada di Kota Batu.

“Saya berjualan soto sejak 22 tahun lalu. Yaa di pinggir kali ini,’ kata Pak Dhoel kepada Media Malang, Minggu siang, sembari menyiapkan masakan pembelinya.

Menurut Pak Doel, Soto Kambingnya ini menjadi jujugan wisatawan dari berbagai daerah yang akan berkunjung ke pemandian Selecta maupun pemandian air panas, Cangar. Biasanya, yang menjadi langganannya kebanyakan wisatawan dari Surabaya. Klub – klub sepeda motor dari berbagai daerah pun juga sering mampir, melepas lelah sambil menikmati Soto Kambing.

“Setelah menempuh perjalanan jauh, mereka(Wisatawan,red) juga sering mampir untuk makan siang dan sore di sini,”ujarnya.

Media Malang yang awalnya penasaran dengan Soto Kambing “Ndoli” pun ingin segera mencicipi rasa sotonya. Maklum, saat berjalan menuju warung, aroma soto menggoda selera, bikin isi perut keroncongan. Tapi, karena pelanggannya banyak, kami pun terpaksa rela menunggu giliran.

“Sabar ya mas, bentar lagi giliran sampean,” kata Pak Doel kepada pembeli yang baru datang.

Naah… sekarang giliran saya menikmati soto “ Ndoli”, karena dari awal kami penasaran, kami pun mencoba mencicipi sedikit demi sedikit kuah soto. Dan rasanya nikmat luar biasa.

Rasa soto Pak Dhoel memang khas soto Kambing. Yang saya heran, jika biasanya daging kambing mengeluarkan bau amis, tetapi masakan Pak Dhoel tidak sama sekali. Jika rasanya ingin lebih lezat dan mak nyuss..,soto dicampur dengan sambal pedas dan kecap spesial buatan Pak Dhoel.

“Racikan bumbu soto ini yang mengetahui hanya keluarga, karena ini rahasia keluarga. Kalau kecapnya, saya memang membuat sendiri,” akunya.

Pak Dhoel mengatakan, selama berjualan soto, ia mengamati selera pelanggannya bermacam-macam ada yang suka daging, jerohan, telinga maupun tulang muda kambing.

“ Kalau ada yang ingin menambah lauk, sudah saya siapkan, mulai daging, lidah, paru, babat, limpa atau kupinge wedhus (Telinga Kambing, red), dan balung enom (Tulang muda, red) sensasi rasa kriuk-kriuk. Klo nambah lauk, harganya Rp. 2000 per biji,” terangnya.

Kata, pak Dhoel, dia menjual sotonya pertama kali, soto per posinya seharga seribu rupiah. Namun semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi, Pak Dhoel sekarang menjual soto kambingnya Rp. 10 ribu.

“Dulu harga per porsi masih seribu rupiah. Sekarang perporsinya Rp. 10 ribu,” pungkasnya.

Mencari warung Soto “Ndoli’ sangat mudah, jika anda akan berwisata ke Pemandian Cangar, anda pasti akan melewati jalan bukit berbunga dan pastinya akan melihat pertigaan jalan dengan gerbang gapura Sidomulyo.

20 meter sebelum gapura, tepat diatas jembatan Sungai kali Brantas, anda akan melihat warung soto gaya pikulan, dengan kepulan asap yang keluar dari kuali soto jika dibuka.Tentunya, kepulan asap tersebut menggoda kita untuk ingin segera menyantap soto kambing itu.Anda penasaran, silahkan mampir dan menikmati soto “Ndoli”.Jangan lupa setelah makan soto, silahkan menikmati minuman es beras kencur. Selamat mencoba, dijamin pasti tidak kecewa !

Penulis : Sulis Pratama

Editor : Puspito Hadi

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.