Mendagri: Ormas Sesat Langsung Dibubarkan

0

MEDIA MALANG – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri akan langsung membubarkan ormas radikal yang menyesatkan masyarakat. Salah satu ormas yang dibubarkan adalah Gafatar.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini di Indonesia terdapat 302.326 ormas yang berizin dan 60 ormas asing. “Sementara ormas yang tak berizin ada sekitar 500 ribu, kita terus memantau dan memberi pembinaan, jumlah tersebut belum termasuk ormas yang memiliki kepengurusan ganda,” ujarnya usai pembukaan Musrenbang Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Selasa (7/2). Padahal menurutnya perizinan pembentukan ormas cukup mudah mulai dari pendaftaran dan pembuatan akta notaris.

Dikatakan, pemerintahan sebelum Presiden Joko Widodo membuat peraturan yang rumit terkait pembubaran ormas, yakni sebelumnya diberi peringatan satu, dua, dan tiga sebelum dibubarkan. “Karenanya Presiden Jokowi pada Desember mengeluarkan PP untuk memperketat ormas, bukan melarang,” tegasnya.

Tujuannya yakni agar ormas setia dan patuh pada azas tunggal Pancasila. Tjahjo menyatakan sampai saat ini tidak ada ormas yang melanggar ketentuan tersebut. Soal aksi anarkis beberapa anggota ormas itu lebih kepada perbuatan oknum, bukan pada organisasinya. “Kalau aksi oknum itu urusan pidana dan menyasar kepada individunya,” terang Tjahjo.

Ditegaskan bahwa Presiden Joko Widodo tidak akan melarang pendirian ormas. Hal ini karena kebebasan berserikat, berkumpul, dan berorganisasi dijamin oleh UUD 1945. “Kumpulan alumni SD, SMA pun kalau mau jadi ormas boleh. Maaf, genk motor pun kalau mau berubah jadi ormas juga akan dibantu, malah nanti bisa jadi besar kan organisasinya,” ucap Tjahjo.

Dia juga meminta masyarakat jangan asal percaya dengan adanya kabar kebangkitan PKI. Menurutnya jika memang ada kabar tersebut yang harus dilakukan adalah mencari kebenaran dan pembuktian. “Jangan kemudian malah berfitnah ria yang memecah belah bangsa ini,” tegas politisi PDIP ini. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Comments are closed.